Usulkan 1.500 Kuota Asuransi Nelayan Kab Pasuruan ke Pusat

BANGIL, Radar Bromo – Di awal 2020 ini, Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan mengajukan usulan 1.500 asuransi bagi nelayan. Jumlah ini lebih banyak dari kuota asuransi tahun lalu sebesar 750 asuransi.

Alamsyah Supriadi, Kabid Kenelayanan pada Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan. mengatakan, per awal tahun ini, Dinas Perikanan sudah diminta untuk mengajukan kuota asuransi ke pusat. “Dari pusat sudah meminta ada pengajuan usulan. Terakhir sudah harus masuk akhir Januari ini. Usulan kami sebanyak 1.500 kuota asuransi nelayan,” terangnya.

Jumlah itu memang 2 kali lipat lebih banyak dibandingkan kuota 2019 lalu yang hanya 750 asuransi. Alamsyah mengatakan, hal ini melihat antusias nelayan tahun lalu untuk mendaftar asuransi nelayan cukup tinggi.

“Termasuk, kami melihat pendaftar kartu usaha perikanan (Kusuka) sudah ada kurang lebih 3 ribu nelayan. Karena itu, kami usulkan lebih tinggi tahun ini,” terangnya.

Kendati lebih banyak dari tahun lalu usulannya, Dinas Perikanan optimistis kuota bisa terpenuhi. Ini lantaran melihat aturan tahun lalu yang lebih ringan. Nelayan yang pernah dapat asuransi gratis dari pusat, masih diperkenankan mendaftar lagi.

“Melihat aturan bahwa nelayan yang dulu pernah dapat asuransi gratis bisa mengajukan lagi, sehingga kami optimistis kuota 1500 bisa tercapai,” jelasnya.

Pada 2019 lalu, dari kuota 750 yang diberikan pusat, tercatat pengusulan mencapai 807 nelayan dan akhir tahun lalu disetujui semua untuk mendapatkan asuransi nelayan. (eka/mie)