Bantuan Pangan Non Tunai di Kota Pasuruan Tak Terserap Semua Karena 36 Penerima Meninggal

PURWOREJO, Radar Bromo– Serapan bantuan pangan non tunai (BPNT) pada bulan ini relatif meningkat dibandingkan bulan sebelumnya. Sebagian bantuan tak terserap lantaran penerima sudah meninggal dunia.

Plt Kepala Dinas Sosial Kota Pasuruan Hery Dwi Sujatmiko menyebutkan, bantuan yang terserap bulan ini mencapai 94,09 persen. “Bantuan pada bulan ini sudah tersalur untuk 7.318 penerima atau KPM,” sebut Hery.

Dengan begitu, masih ada bantuan yang belum tersalur ke penerima sebanyak 460. Hery membandingkan, serapan bantuan akhir tahun ini sedikit meningkat. Sebab, November lalu bantuan yang belum terserap sebanyak 468.

Dia juga menyampaikan tidak terserapnya bantuan dikarenakan beberapa faktor. Diantaranya lantaran penerima yang sudah meninggal dunia. Sedangkan sejauh ini belum ada ahli waris. “Penerima yang meninggal bertambah. Bulan sebelumnya ada 26 orang, saat ini 36 orang,” ungkap Hery.

Sementara, faktor yang paling banyak dikarenakan KKS yang bermasalah berjumlah 308. Kemudian penerima yang belum membelanjakan bantuan 66 orang. Lalu 14 penerima pindah domisili dan 9 penerima dinyatakan mampu secara finansial sehingga tidak lagi menerima bantuan. (tom/fun)