Trotoar Rusak di Jalan Juanda Tak Kunjung Dibenahi

PASURUAN, Radar Bromo– Warga yang melintas di trotoar jalan Ir Juanda, Kelurahan Blandongan, Kecamatan Bugulkidul, Kota Pasuruan, harus berhati hati. Pasalnya trotoar yang berada di ruas jalan nasional ini tidak kunjung diperbaiki. Ada lubang yang menganga cukup lebar di trotoar tersebut.

Pantauan Jawa Pos Radar Bromo, diameter lubang di trotoar berkisar 50 sentimeter. Kondisi ini membuat pejalan kaki yang melintasi di trotoar itu menjadi tidak nyaman. Tak ayal mereka harus memilih menggunakan jalan aspal untuk menghindari lubang tersebut.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Balai Besar Pemeliharaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII, Rudy Napitupulu mengungkapkan, pihaknya belum mengetahui adanya lubang di trotoar Jalan Raya Blandongan. Namun pihaknya akan mengeceknya.

“Kami belum tahu kalau ada lubang di trotoar di dekat pintu masuk Terminal Blandongan. Tidak ada koordinasi dari Pemkot atau siapapun ke kami selama ini,” ungkapnya.

Rudy menjelaskan, BBPJN VIII belum dapat memastikan penyebab dari ambruknya trotoar itu. Sebab petugas lapangan perlu mengecek nya terlebih dahulu. Perbaiknya sendiri akan disesuaikan dengan pengecekan kerusakan yang dilakukan oleh BBPJN.

Namun ia berjanji perbaikan akan dilakukan segera. Ini sesuai komitmen dari BBPJN untuk membuat ruas jalan menajdi tanpa lubang hingga menjelang lebaran nanti. Untuk perbaikannya dialokasikan dari anggaran perbaikan long segment senilai Rp 34 miliar.

“Segera kami akan minta petugas untuk mengecek. Kerusakan nya apa kami perlu memastikannya dahulu. Yang jelas kami menargetkan sebelum lebaran 0 lubang,”terang Rudy. (riz/fun)