RSUD dr R Soedarsono Bakal Perluas Ruang ICU

PURWOREJO, Radar Bromo – Manajemen RSUD dr R Soedarsono Kota Pasuruan bakal memiliki ruang intensive care unit (ICU) yang lebih luas. Pasalnya, rumah sakit pelat merah ini bakal merehab ruang ICU yang terletak di dekat ruang OK Central lama tahun ini. Rehab ini akan dibiayai oleh Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) 2020.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur RSUD dr R Soedarsono Kota Pasuruan dr Tina Soelistiani mengungkapkan, pihaknya berencana merehab ruang ICU. Pasalnya, ruang ICU saat ini tidak representatif. Dengan rehab ini diharapkan ruang ICU bisa lebih luas dan menampung lebih banyak pasien.

Saat ini ruang ICU sangat terbatas dalam menampung pasien, sebab ruangan ini hanya memiliki lima tempat tidur. Kondisi di ruangan ini menjadi tidak nyaman jika pasien yang harus ditangani cukup banyak. Usai rehab nantinya ruang ICU ini bakal memiliki 11 tempat tidur. Selain itu, ruang ICU bakal lebih nyaman bagi pasien.

“Kami juga berencana memperluas ruang rawat inap kelas III. Jadi, jika ruang rawat inap sudah ada yang kosong, maka pasien yang dirawat di ICU bisa segera dipindah ke rawat inap,” ungkapnya.

Tina menjelaskan, tidak jarang pihak RSUD kewalahan saat jumlah pasien yang di rawat membeludak. Terkadang ruang rawat inap penuh sehingga pasien harus diletakkan di ruang ICU sembari menunggu ada ruang yang kosong. Di sisi lain, ruang ICU juga terbatas. Sehingga, pasien pun agak berdesakan dan kurang leluasa di ruangan ini.

Untuk merealisasikannya, pihak RSUD sudah mengalokasikan anggaran dari DBHCHT 2020. Saat ini pihaknya masih melakukan tahap perencanaan. Ia menargetkan pembangunan bisa segera dilakukan usai dilakukan tahap lelang terlebih dahulu. Paling lambat triwulan tiga sudah mulai dibangun.

“Saat ini masih dalam tahap perencanaan. Karena anggarannya di atas Rp 200 juta, maka harus dilakukan tahap lelang terlebih dahulu. Mudah-mudahan bisa segera terlaksana,” terang Tina. (riz/fun)