KPU Kota Pasuruan Rekrut 20 Anggota PPK untuk Persiapan Pilwali

PASURUAN, Radar Bromo – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai merekrut panitia pemilihan kecamatan (PPK) yang akan bertugas pada Pilwali 2020. Pendaftaran yang dibuka mulai hari ini akan berlangsung selama sepekan ke depan.

Komisioner KPU Kota Pasuruan Nanang Abidin menerangkan, jumlah anggota PPK yang dibutuhkan nanti sebanyak 20 orang. Setiap kecamatan akan ditempatkan sebanyak 5 anggota PPK.

“Kami harap masyarakat merasa terpanggil dan mendaftar sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan KPU,” terang Nanang.

Menurut dia, ada 13 persyaratan yang harus dipenuhi oleh pendaftar badan ad hoc itu. Yang paling utama, kata Nanang, seorang PPK harus menjaga netralitas sebagai penyelenggara. “Menjadi penyelenggara arus memiliki integritas yang kuat dan bisa menjaga netralitasnya,” ujarnya.

Hal itu dibuktikan dengan adanya surat pernyataan. Yakni, tidak menjadi anggota partai politik maupun tim kampanye peserta pemilu dalam kurun waktu lima tahun terakhir. Beberapa persyaratan lainnya yaitu sehat jasmani dan rohani, tidak terpengaruh narkotika. Serta, bukan bekas narapidana dengan ancaman hukuman lima tahun pidana penjara.

Masa pendaftaran itu sendiri akan berakhir Jumat (24/1) mendatang. Selanjutnya, ada beberapa tahapan seleksi yang akan dilakukan oleh KPU. Mulai dari seleksi administrasi, seleksi tulis, dan wawancara. (tom/fun)