alexametrics
26.4 C
Probolinggo
Tuesday, 24 November 2020

Genjot Tangkapan Ikan Perairan Supaya Capai 8 Ribu Ton

PASURUAN, Radar Bromo – Pemkot Pasuruan terus menggenjot produktivitas tangkapan ikan. Hasil tangkapan nelayan pada tahun ini ditargetkan naik. Meski realisasi pada tahun sebelumnya tak mencapai target yang ditentukan.

Kabid Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Kota Pasuruan Romli menyebut, pihaknya memang selalu mematok target tangkapan ikan saban tahun. Saat ini pihaknya menargetkan tangkapan ikan sepanjang tahun bisa mencapai 8.817,3 ton.

“Setiap tahun memang diharapkan bisa mengalami kenaikan untuk memenuhi pasokan ikan. Karena itu, kami juga menetapkan target produksi,” kata Romli.

Menurut Romli, pihaknya tetap menaikkan target produksi tangkapan ikan tahun ini. Meskipun pada tahun sebelumnya, target produksi itu tak tercapai. Sepanjang 2019, tangkapan ikan oleh nelayan di Kota Pasuruan hanya mampu mencapai 6.325 ton. Padahal, target pemerintah saat itu 7.872,6 ton.

“Sebab, tahun lalu capaian produksi yang tidak memenuhi target dikarenakan faktor cuaca. Saat itu terjadi banjir bandang, dimana perahu nelayan porak-poranda dan menyebabkan tak bisa melaut beberapa waktu,” ujarnya.

Maka dari itu, Pemkot tetap optimistis target produksi tangkapan ikan tahun ini masih bisa terpenuhi. Romli sendiri meyakini, jika tak ada kendala seperti tahun lalu, capaian produksi tangkapan ikan bisa lebih melimpah.

Disamping itu, Pemkot sendiri juga terus menggencarkan pembinaan terhadap para nelayan. Terutama berkaitan dengan kebutuhan nelayan saat melaut. Misalnya, pembuatan jaring.

“Bersamaan dengan itu kami juga selalu tekankan agar tetap menangkap ikan dengan alat yang ramah lingkungan seperti jaring. Penggunaan bom ikan atau bondet sangat dilarang karena akan merusak ekosistem laut,” pungkasnya. (tom/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Seniman Ludruk Probolinggo Cak Mukadi Tutup Usia  

Rencananya jenazah Cak Mukadi akan dimakamkan di TPU setempat, Selasa (24/11)

Masuk Tengah Kota, Truk Terguling di Depan Yon Zipur Probolinggo

Truk terjatuh di jalur terlarang untuk dilewati kendaraan besar seperti truk.

Bertahan di Tengah Pandemi, UMKM Harus Adaptasi dengan Digitalisasi

Sayangnya, masih ada pelaku UMKM yang asing dengan perkembangan teknologi

Tak Berizin, Satpol PP Turunkan Baliho Habib Rizieq di Bangil

Ada 3 baliho Habib Rizieq yang diturunkan di Bangil. Sementara di Pasrepan diturunkan sendiri oleh pemasang.

Rem Blong, Truk Tabrak Pagar-Pos Sekuriti di Sumbersuko Gempol  

Sopir truk selamat usai melompat sesaat sebelum terjadi tabrakan.