alexametrics
26.4 C
Probolinggo
Tuesday, 27 October 2020

Dewan Kembali Soroti Progres JLU Kota Pasuruan

PASURUAN, Radar Bromo – Kelanjutan proyek Jalan Lingkar Utara (JLU) di Kota Pasuruan kembali jadi sorotan kalangan legislatif Kota Pasuruan. Hal itu terlihat dalam pandangan umum fraksi saat rapat paripurna kedua tentang raperda Perubahan APBD (P-APBD) 2020 kemarin (18/9).

Juru Bicara Fraksi PKB Abdullah Junaedi mengatakan, proyek JLU sudah cukup lama dicanangkan oleh Pemkot. Akan tetapi, sampai saat ini proyek itu masih belum menunjukkan perkembangan yang berarti.

Bahkan pembebasan lahan yang sudah memakan waktu lima tahun juga dinilainya tak maksimal. “Pembebasan lahan sudah dimulai sejak 2015. Tetapi hingga saat ini belum tuntas. Ini menjadi persoalan penting karena dananya untuk pembebasan lahan itu sudah tersedia,” terang Junaedi.

Pihaknya lalu mempertanyakan keseriusan Pemkot dalam menyelesaikan proyek itu. Menurut dia, tidak adanya perkembangan yang signifikan, membuat keseriusan pemkot layak dipertanyakan. “Hal ini menunjukkan Pemkot Pasuruan kurang serius dalam menyelesaikan pembebasan lahan untuk JLU,” ungkap dia.

Dia menyinggung bahwa keberadaan JLU sejak awal dicanangkan tidak semata-mata untuk membuka akses jalan baru. Melainkan juga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah utara atau pesisir. Dengan adanya JLU, roda perekonomian di Kota Pasuruan akan lebih seimbang.

“Sehingga tercipta pemerataan pembangunan di Kota Pasuruan,” ujarnya dalam rapat paripurna yang dihadiri 19 anggota DPRD itu.

Sementara, Juru Bicara Fraksi Golkar Ruddy Salam menyinggung lemahnya daya beli masyarakat selama adanya pandemi virus korona. Dia juga menyebut industri pengolahan kayu sebagai salah satu penyumbang pertumbuhan ekonomi mengalami penurunan permintaan hingga 70 persen.

“Karena itu kami minta Pemkot menyiapkan strategi untuk memulihkan permintaan produk mebel disaat daya beli masyarakat melemah dan ancaman pengangguran semakin besar,” jelas Ruddy.

Sejumlah pandangan umum fraksi itu bakal dijawab pemkot dalam paripurna selanjutnya, pembahasan P-APBD yang diagendakan Senin mendatang (21/9). (tom/mie)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Usai Donor Darah, Bold Riders-Super Soccer Pasuruan Tanam Pohon

Tanaman kayu putih dipilih karena ini adalah tanaman obat.

Jualan Buah di Jl Juanda, Putri Polisi Dijambret, Ini Modusnya  

Korban melaporkan pelaku yang saat itu mengendarai sepeda motor Honda Vario merah.

Innalillahi, Pulang Kerja, PNS Pemkab Pasuruan Tewas Tertabrak Truk Tronton

Sore itu, Slamet Supriyanto hendak pulang ke rumahnya usai bekerja. Ia mengendarai motor Honda Vario bernopol N 2175 TBL dari arah utara ke selatan.

Kaliputih Sumbersuko Gempol Kembali Tercemar Busa Berlimpah

Kondisi sungai tercemar busa itu bukan kali ini terjadi. Pada pertengahan Agustus lalu, kondisi serupa juga pernah terjadi.

Komunitas Difabel Antusias Ikuti Donor Darah Bold Riders Probolinggo

Dalam aksi sosial ini, Difabel Motorcycle Indonesia (DMI) Probolinggo turut serta menjadi pendonor.