alexametrics
24C
Probolinggo
Sunday, 17 January 2021

Rapor Setahun Jadi Acuan Kenaikan Kelas Siswa SD-SMP

PURWOREJO, Radar Bromo– Setelah mengumumkan kelulusan pelajar di jenjang pendidikan SD dan SMP. Pemkot Pasuruan juga tengah menyiapkan kenaikan kelas dan penyerahan rapor selama adanya pandemi Covid-19.

Plt Kabid Pendidikan Dasar di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pasuruan Endang Nurmiyati menerangkan sejauh ini pihaknya sudah mematangkan persiapan kenaikan kelas siswa. Sekaligus juga berkaitan dengan mekanisme penyerahan rapor bagi siswa. “Kenaikan kelas pada 13 Juni 2020,” terang Endang.

Dia menambahkan, kenaikan kelas itu ditentukan dengan berpedoman pada Surat Edaran Nomor 4/2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa pandemi Covid-19. Sehingga penentuan kenaikan kelas dipastikan tak sepenuhnya mengacu pada hasil ujian. “Kenaikan kelas dari nilai rapor selama satu tahun ajaran,” jelasnya.

Kecuali, sekolah yang sudah melaksanakan ujian. Maka tetap diperbolehkan menentukan kenaikan kelas berdasarkan hasil ujian. Meski begitu, kata Endang, sekolah yang sempat menggelar ujian kenaikan hanya secara daring.

“Ada sekolah yang melaksanakan ujian kenaikan tetapi secara daring. Sebagian besar mengacu pada rapor selama setahun,” pungkas dia. (tom/fun)

 

MOST READ

BERITA TERBARU