Ini Upaya RSUD dr R Soedarsono Agar Masyarakat Paham untuk Cegah Penyakit Ginjal

BERI PEMAHAMAN: Sosialisasi pencegahan penyakit ginjal kepada pengunjung di Poli Penyakit Dalam RSUD dr R Soedarsono beberapa waktu lalu. (Foto: RSUD dr R Soedarsono for Radar Bromo)

Related Post

PURWOREJO, Radar Bromo – Memperingati Hari Ginjal Sedunia yang jatuh 12 Maret kemarin. RSUD dr R Soedarsono Kota Pasuruan memberikan sosialisasi kepada pengunjung. Sosialisasi ini agar masyarakat bisa mengetahui cara pencegahan dan tidak terkena penyakit ginjal kronis.

Plt Direktur RSUD dr R Soedarsono dr Tina Soelistiani mengatakan, sosialisasi pencegahan penyakit ginjal ini dilakukan di Poli Penyakit Dalam. Materi diberikan oleh perawat dan dokter hemodialisa dan disampaikan kepada pengunjung yang hadir.

“Materi yang disampaikan lebih ke arah pencegahan penyakit ginjal kronis yang pada umumnya jarang masyarakat memahaminya. Padahal, pencegahan dapat dilakukan secara mandiri,” terangnya.

Masyarakat, kata Tina Soelistiani, harus mengenali faktor risikonya. Seperti pertambahan usia, riwayat keluarga dengan penyakit ginjal, dan kelahiran prematur. Penyakit ini dapat dicegah dengan melakukan CERDIK, yakni cek kesehatan berkala, enyahkan asap rokok, rajin olahraga, diet yang seimbang, istirahat cukup, dan kelola stres dengan baik.

Selain materi mengenai ginjal kronis, tenaga kesehatan yang bertugas juga memberikan cara-cara menjaga perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Tidak hanya adanya penyebaran Covid-19 yang sedang marak saat ini. Agar tetap sehat, maka setiap orang wajib ber-PHBS. Maka, dengan mengajarkan cara 6 langkah cuci tangan yang baik dan benar, pengunjung dapat menerapkannya secara mandiri. (eka/fun)