Empat Anak Jalanan Terciduk Satpol PP saat Ngamen

PASURUAN, Radar Bromo – Sejumlah simpang jalan di Kota Pasuruan tampaknya masih menarik bagi anak jalanan (anjal) dan pengamen. Meski Satpol PP berulang kali menggelar operasi, anjal dan pengamen masih saja sering dijumpai.

Plt Kepala Satpol PP Kota Pasuruan Yanuar Afriansyah mengaku hampir setiap malam berpatroli. Namun, masih ada anjal yang terjaring operasi. Tak terkecuali saat korps penegak peraturan daerah (perda) itu berpatroli, Jumat (17/1) malam. “Kemarin kami tertibkan empat anak jalanan di perempatan Kebonagung dan Apotek Pasuruan,” ujarnya.

Menurutnya, empat anjal itu masih berusia pelajar. Pihaknya menyayangkan mereka justru berada di jalan. Sebab, malah mengganggu ketertiban umum. Juga meresahkan pengguna jalan.

Apalagi, Pemkot Pasuruan sudah mengeluarkan imbauan bagi pengguna jalan. Agar tak memberi uang kepada anjal maupun pengemis. Imbauan itu terpasang di setiap sudut simpang jalan.

Yanuar menyebut, empat anjal yang diamankan masih baru. Mereka selama ini belum pernah terjaring operasi Satpol PP. “Kami hanya lakukan pembinaan kepada mereka,” bebernya.

Petugas juga mengarahkan kepada mereka agar mencari pekerjaan supaya mendapat penghasilan. “Sudah kami minta membuat surat pernyataan. Setelah itu dipulangkan,” ujarnya. (tom/rud)