Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai Bulan November Telat Lagi

PURWOREJO, Radar Bromo – Ribuan keluarga penerima manfaat (KPM) di Kota Pasuruan harus kembali bersabar. Pasalnya, dana bantuan pangan non tunai (BPNT) yang bakal mereka terima bulan ini belum cair.

Kondisi itu tak jauh berbeda dengan bulan sebelumnya. Seharusnya, dana sudah cair per tanggal 10. Akan tetapi pada Oktober lalu, baru cair di minggu ketiga. Begitu pun bulan ini.

Plt Kepala Dinas Sosial Kota Pasuruan, Hery Dwi Sujatmiko mengaku pencairan dana itu dikendalikan langsung oleh pemerintah pusat. Sehingga pihaknya hanya memfasilitasi penyaluran bantuan bagi penerima untuk dibelanjakan.

“Sampai sekarang kami belum menerima surat perintah pencairan dana (SP2D),” ungkapnya.

Dia menyebut, pihaknya masih menunggu SP2D itu. Sebab tanpa adanya SP2D, pihaknya juga tak bisa menggelar penyaluran serentak di 39 agen penyalur yang ada di Kota Pasuruan. “Penyaluran ini akan kami lakukan setelah dipastikan dana sudah turun,” bebernya.

Untuk diketahui, jumlah penerima bantuan di Kota Pasuruan sebanyak 7.778. Namun pada Oktober lalu, tercatat 7.291 penerima yang membelanjakan bantuannya. Dengan besaran bantuan senilai Rp 110 ribu untuk memenuhi kebutuhan sembako beras dan telur.

“Kami berharap dana bantuan segera turun. Sehingga bisa segera tersalur untuk bulan ini,” pungkasnya. (tom/fun)