BPBD Minta Warga Tetap Waspada Kebakaran saat Kemarau

PURWOREJO, Radar Bromo – Saat ini Kota Pasuruan sudah mulai memasuki musim kemarau. Kondisi ini membuat wilayah setempat sudah jarang dilanda hujan. Sinar matahari saat siang terasa terik. Situasi ini diharapkan tetap harus diwaspadai masyarakat, terutama ancaman kebakaran.

BPBD Kota Pasuruan di enam bulan ini sudah menangani enam kali bencana kebakaran. Hal ini tidak menutup kemungkinan bencana ini bisa meningkat intensitasnya saat puncak musim kemarai. Karena itu kewaspadaan masyarakat sangat dibutuhkan. Misalnya mereka selalu mengecek aliran listrik setiap kali hendak meninggalkan rumah.

Kasi Pencegahan dan Penanggulangan Bencana pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pasuruan, Catur Aldoko mengungkapkan kemarau sudah melanda hampir seluruh wilayah Indonesia, meski belum merata. Namun saat ini perubahan cuaca sudah mulai terjadi dimana udara lebih kerang dan intensitas hujan menurun.

Meski demikian, puncak kemarau sendiri diperkirakan baru terjadi pada bulan depan hingga September mendatang. Namun, pihaknya tetap berharap agar masyarakat selalu berhati hati saat berada di dalam rumah atau sedang bepergian. Sebab intensitas akan meningkat dibandingkan bulan ini dan bencana sendiri bisa terjadi kapanpun dan dimana saja.

“Kami harap masyarakat selalu berhati hati. Seperti tidak membuang putung rokok sembarangan hingga selalu menjaga saat membakar sampah. Agar kebakaran bisa diantisipasi,” sebut Catur. (riz/fun)