Targetkan RSUD Grati Naik Kelas C agar Cakupan Pelayanan Semakin Luas

BANGIL, Radar Bromo – Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan menargetkan RSUD Grati bisa naik kelas menjadi rumah sakit tipe C. Langkah ini dilakukan untuk memperluas cakupan pelayanan kepada masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kabupaten Pasuruan Ugik Setyo Darmoko. Ia menyampaikan, status RSUD Grati saat ini masih tipe D. Sehingga, layanan yang diberikan untuk masyarakat masih terbatas. Seperti layanan bedah, kandungan, dan beberapa layanan umum lainnya.

Padahal, keberadaan RSUD Grati dibutuhkan untuk layanan yang cukup luas. Seperti spesialis saraf dan beberapa layanan kesehatan lain. Sebab, ketersediaan rumah sakit di wilayah timur Kabupaten Pasuruan memang cenderung minim.

“Kami berusaha agar RSUD Grati bisa naik kelas menjadi tipe C tahun ini,” kata Ugik, saat ditemui di kantor DPRD Kabupaten Pasuruan Jumat (17/1).

Ugik menambahkan, upaya untuk menaikkan RSUD Grati menjadi rumah sakit tipe C memang tak mudah karena banyak hal yang harus dilakukan. Termasuk menata struktur keorganisasian rumah sakit serta menambah jumlah SDM, baik dokter spesialis ataupun perawat.

“Untuk gedung, sebenarnya sudah menunjang. Hanya untuk SDM, seperti dokter harus ada penambahan,” imbuhnya.

Meski tak mudah, ia meyakinkan proses untuk menjadikan RSUD Grati sebagai rumah sakit tipe C tengah dilakukan. Ia menargetkan, rumah sakit di wilayah timur itu bisa naik kelas dari tipe D menjadi tipe C tahun ini.

Bukan tanpa sebab. Harapannya, masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan bisa maksimal tertangani. “Kami sedang berusaha untuk memenuhi kekurangan-kekurangan yang ada. Targetnya, tahun ini bisa menjadi tipe C,” pungkasnya. (one/hn/fun)