Pengadaan Mesin Logam Disulkan Tahun Depan

PRODUKSI: Salah seorang perajin logam di Wironini, Kota Pasuruan memproduksi pesanan konsumen beberapa waktu lalu. Pemkot Pasuruan berencana membeli mesin logam melalui anggaran tahun depan. (Foto: Mokhamad Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

PANGGUNGREJO, Radar Bromo – Pemkot Pasuruan terus berusaha mengerek industri logamnya. Namun, rencana pengadaan mesin logam tahun ini harus diurungkan karena anggarannya terdampak refocusing untuk penanganan Covid-19. Karenanya, pengadaan mesin ini direncanakan akan kembali diusulkan tahun depan.

Kepala UPT Logam Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pasuruan Andika Tri Hartadi mengatakan, pihaknya berniat melakukan pengadaan peralatan perindustrian logam tahun depan. Pengadaan ini akan diusulkan dalam APBD 2021.

Menurutnya, ada lima mesin yang dibutuhkan. Di antaranya, vertical machining centre. Yaitu, mesin untuk membuat cetakan dan produksi produk secara masal. Mesin ini nantinya akan terintegrasi dengan komputer. Lalu, surface grinding untuk memperhalus permukaan.

Selanjutnya, hydraulic swing beam shear untuk memotong logam. Serta, press break machine untuk membuat lekukan logam sesuai keinginan. Serta, vibratory finishing machine untuk memoles logam.

“Sebenarnya kami hampir memiliki mesin-mesin ini tahun ini. Perencanaan sudah kami laksanakan. Cuma anggarannya kami kembalikan karena dampak refocusing. Tahun depan masuk dalam usulan utama,” ujarnya.

Andika menjelaskan, pengadaan mesin ini sangat penting untuk menunjang industri logam di Kota Pasuruan. Selama ini, ada 390 Industri Kecil Menengah (IKM) bergerak di bidang logam. Dengan peralatan ini, pihaknya bisa memproduksi alat logam sendiri. Berbeda dengan saat ini, mesin yang dimiliki hanya mesin coating untuk melapisi logam dengan pengecatan air brush.

Jika ada mesin ini, pihaknya berharap produksi logam menjadi lebih variasi. Seperti membuat asbak atau kursi dengan bahan dasar logam. Selama ini, produksi IKM masih terbatas dan hanya menyesuaikan pesanan. Seperti, aksesori atau spare part kendaraaan.

“Dengan adanya pengadaan mesin logam ini, diharapkan IKM logam di Kota Pasuruan semakin berkembang. Kami bisa membuat logam lebih variatif lagi. Produk yang belum diproduksi IKM,” ujar Andika. (riz/rud/fun)