alexametrics
29.7 C
Probolinggo
Tuesday, 27 October 2020

Evaluasi Trayek Bukan Solusi Atasi Sepinya Angkutan Kota Pasuruan

GADINGREJO, Radar Bromo – Jumlah angkutan kota (angkot) yang beroperasi di Kota Pasuruan, semakin minim. Dari sekitar 132 unit, hanya 61 angkot yang setiap hari rutin mengangkut penumpang. Karenanya, Pemkot memastikan evaluasi trayek bukan solusi untuk mengantisipasi semakin berkurangnya jumlah angkot

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pasuruan Lucky Danardono mengatakan, jumlah angkot di Kota Pasuruan mencapai sekitar 132 unit. Namun, tidak semuanya beroperasi. Dishub mencatat, hanya 98 unit yang beroperasi. Dari jumlah itu, angkot yang setiap hari rutin mengangkut penumpang hanya 61 unit. Sisanya, 37 unit hanya beroperasi sewaktu-waktu.

“Angkot yang rutin beroperasi setiap hari cuma 61 unit. Sejumlah 37 angkot lainnya beroperasi saat ada permintaan. Misalnya, diminta mengantar ke suatu tempat hajatan. Sisanya lagi sebanyak 34 unit tercatat tidak pernah beroperasi,” jelasnya.

Lucky mengatakan, jumlah ini tidak berubah sejak tiga tahun terakhir atau sejak 2017. Kondisi ini disebabkan karena semakin minimnya masyarakat yang menggunakan angkot. Karenanya, banyak sopir dan pemilik angkot memilih tidak mengoperasikan angkotnya. Di samping itu, ada yang berinisiatif menggunakan angkotnya untuk kepentingan wisata atau sesuai pesanan.

Soal kemungkinan Dishub mengevaluasi trayek angkot, Lucky menyebutkan, hal itu bukan solusi. Sebab, meski trayeknya diubah, tidak akan menjamin akan berdampak baik kepada ramainya menumpang angkot. Dishub menilai, perubahan trayek bukanlah solusi. Namun, pihaknya tetap berkomitmen agar keberadaan angkot bisa tetap eksis.

“Peminat angkot yang minim karena banyak yang punya kendaraan pribadi mulai dari mobil hingga motor. Belum lagi ada ojek online. Makanya, kami punya rencana menjadikan angkot sebagai angkutan pelajar, sehingga angkot tetap bisa beroperasi,” ujarnya. (riz/rud/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Listrik Kerap Padam, 95 Persen Disebabkan Pohon

Kejadian listrik padam atau mati lampu kerap terjadi saat musim hujan.

Maulid Nabi, Buah Impor di Probolinggo Lebih Banyak Diburu

Memasuki Maulid Nabi Muhammad SAW., permintaan buah segar, khususnya buah impor di Kota Probolinggo, meningkat.

15 Desa di Kab Probolinggo Masih Buruh Kiriman Air

Sebagian wilayah di Kabupaten Probolinggo, telah diguyur hujan. Namun, hal ini tidak mempengaruhi ketersediaan sumber air bersih untuk kebutuhan sehari-hari di wilayah terdampak kekeringan.

Pantai Permata Mulai Ramai, Pengunjung Wajib Patuhi Prokes

Libur panjang karena cuti bersama dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW., diperkirakan akan meningkatkan jumlah pengunjung sejumlah destinasi wisata.

SDM Pelaku Wisata di Probolinggo Perlu Ditingkatkan

Potensi wisata di Kabupaten Probolinggo, cukup banyak. Namun, pengelolaannya perlu terus ditingkatkan. Baik secara fisik maupun dari segi SDM pengelola.