Masyarakat Wajib Waspada saat Kondisi Cuaca Tak Menentu

PURWOREJO, Radar Bromo– Cuaca di wilayah Pasuruan beberapa hari terakhir tidak menentu. Terkadang terjadi hujan, namun seringali panas terik terjadi. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pasuruan meminta masyarakat tetap waspada.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan pada BPBD Kota Pasuruan, Catur Aldoko mengungkapkan, cuaca saat ini memang tidak menentu. Kondisi ini disebutkannya karena rekayasa cuaca oleh Pemerintah.Ini sebagai dampak dari bencana banjir yang terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia. Karena itu, dilakukan rekayasa dengan menaburkan garam ke wilayah tertentu. Akibatnya Jawa dan wilayah yang rawan banjir bisa terhindar.

“Dengan rekayasa ini, hujan bisa diatur ke sejumlah lokasi yang diinginkan. Seperti di turunkan di tengah laut dan di daerah tertentu,”ungkapnya.

Meski demikian, Catur tetap meminta agar masyarakat waspada. Sebab ini sifatnya hanya sementara. Cuaca buruk berupa hujan deras disertai angin kencang dan petir masih rawan terjadi hingga akhir Januari ini.

Selain itu bencana banjir masih mungkin terjadi. Dimana Kota Pasuruan dilewati oleh tiga sungai besar. Seperti kali gembong, kali petung dan kali welang. BPBD sendiri selalu siap siaga selama 24 jam untuk antisipasi apapun yang terjadi. “Termasuk nelayan juga harus waspada. Saat cuaca tidak memungkinkan untuk tidak memaksa melaut,”sebut Catur. (riz/fun)