Jalan Balaikota Akan Dibenahi, Digelontor Rp 1,5 Miliar

PASURUAN, Radar Bromo– Kerusakan yang kerap terjadi di sepanjang Jalan Balaikota, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan bakal segera teratasi. Pemkot Pasuruan berencana melakukan perbaikan jalan secara total tahun ini.

Kabid Bina Marga Dinas PUPR Kota Pasuruan Akung Novajanto mengatakan kerusakan di jalan itu memang kerap terjadi. Terutama memasuki musim penghujan.

Selama ini, kata Akung, pihaknya memang belum pernah memperbaiki kerusakan di Jalan Balaikota secara menyeluruh. Melainkan hanya dilakukan tambal sulam jika ada titik jalan yang berlubang.

“Dilakukan perbaikan karena melihat kondisinya memang sudah diperlukan. Selama ini penanganan sementara,” kata

Rencananya, perbaikan juga akan menyentuh drainase atau saluran air di sisi jalan. Pasalnya, kerusakan jalan selama ini ditengarai kondisi drainase yang kurang berfungsi optimal. Terutama di musim hujan, air meluber ke permukaan aspal.

“Nanti diupayakan perbaikan drainase dan trotoar seperti di Jalan Pahlawan tahun lalu. Supaya fungsinya kembali normal,” beber Akung.

Untuk merealisasikannya, Pemkot tahun ini mendapat dana alokasi khusus. Nilainya sekitar Rp 1,5 miliar. Akung mengaku tengah menyiapkan dokumen perencanaan secara lebih matang. Setelah itu, baru dilaksanakan lelang. (tom/fun)