Proyek MAN Insan Cendekia di Grati Sudah Capai 30 Persen

ON PROGRES: Pengerjaan fisik bangunan MAN Insan Cendekia di Grati. Proyek miliaran ini diharapkan bisa selesai sebelum ganti tahun. (Foto: M Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

GRATI, Radar Bromo – Sejak mulai dilakukan, pengerjaan fisik di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Pasuruan dikebut. Proyek lanjutan yang dikerjakan akhir Agustus lalu, sudah mencapai 30 persen. Ditargetkan semua pengerjaan bisa selesai sampai akhir tahun nanti.

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pasuruan Muhammad Asadul Anam mengatakan, setelah lelang selesai pertengahan Agustus, pengerjaan fisik di MAN IC Pasuruan terus dikebut. “Saat ini ada 3 pembangunan gedung yang proses dikerjakan. Dan rata-rata progres mencapai 30 persen,” terangnya.

Anam menambahkan, Gedung Ruang Kelas Baru (RKB) untuk lantai pertama sudah selesai. Saat ini proyek melanjutkan pembangunan lantai kedua. Termasuk Gedung Asrama untuk siswa dan mess guru, juga progres dibangun dan sementara ini baru tahap fondasi tembok dan bagian atapnya.

Anggaran MAN IC Pasuruan tahun ini sebesar Rp 15,4 Miliar. Pemerintah pusat memberi kelonggaran jika ada pekerja yang positif Covid-19 dan bisa dilanjut hingga 2021. Namun Kemenag optimistis, semua pengerjaan bisa selesai sampai akhir tahun ini.

“Kami tetap yakin semua selesai sampai akhir tahun nanti, kendati ada 3 gedung yang dibangun. Namun protokol kesehatan tetap ketat dilakukan,” terangnya.

MAN IC Pasuruan pembangunannya berjalan multiyears. Sejak tahun 2017 lalu awal pertama dan dilanjut terus sampai tahun ini. Total anggaran pembangunan MAN IC sudah mencapai Rp 25,7 miliar dan ditambah pengerjaan Rp 15,4 miliar untuk tambahan 3 gedung tahun ini. (eka/fun)