Berencana Tambah 7 Cermin Cembung Tahun Depan di Kota Pasuruan

MASIH TERBATAS: Cermin cembung yang terpasang di Wirogunan, Kecamatan Purworejo, yang tampak kusam. Jumlah cermin cembung di Kota Pasuruan saat ini masih belum ideal. (Jawa Pos Radar Bromo Photo)

Related Post

GADINGREJO, Radar Bromo – Jumlah rambu cermin cembung di Kota Pasuruan saat ini dinilai belum ideal. Dari kebutuhan 14 unit cermin di sejumlah persimpangan jalan, saat ini baru ada tujuh cermin cembung yang terpasang.

Lantaran itu, Dinas Perhubungan (Dishub) setempat berencana menambah cermin cembung ini tahun depan. “Ketujuh cermin cembung ini sudah dipasang pada 2016 lalu. Pemasangan ini diutamakan di ruas jalan yang membahayakan dan cukup padat,” ungkap Kabid Lalu Lintas (Lalin) pada Dishub Kota Pasuruan Andriyanto.

Andri –panggilan akrabnya- menjelaskan, jumlah cermin cembung yang dimiliki ini masih belum ideal. Ada sejumlah ruas jalan yang cukup membahayakan yang belum dilengkapi cermin cembung.

Di antaranya di persimpangan Jalan Erlangga dan Jalan Gatot Subroto. Dari analisis yang dilakukan petugas di lapangan, minimal membutuhkan tujuh buah cermin cembung di lokasi setempat.

Dishub sendiri berniat mengajukannya melalui dana alokasi khusus (DAK) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tahun depan. Pasalnya anggaran tahun ini minim karena terdampak refocusing anggaran.

“Cermin cembung ini berfungsi sebagai cermin pemandu jalan untuk memudahkan pengendara melihat kendaraan lain dari arah yang berlainan,” terang Andri. (riz/mie)