Lapas Pasuruan Ajukan Tambahan 34 Personel ke Kemenkum HAM

PURWOREJO, Radar Bromo – Jumlah personel yang dimiliki oleh lembaga pemasyarakatan (Lapas) IIB Pasuruan masih belum ideal. Karena itu, lapas setempat berencana mengajukan tambahan personel tahun ini ke Kemenkum HAM. Lapas mengajukan tambahan 34 personel baru.

Kalapas IIB Pasuruan Wahyu Indarto mengungkapkan, jumlah personel yang dimiliki lapas saat ini sebanyak 24 orang. Tentu jumlah ini masih minim untuk memaksimalkan penjagaan lapas. Apalagi warga binaan (WB) di lapas setiap bulannya di atas 550 orang.

“Regu jaga yang kami miliki dibagi empat. Masing-masing regu berisikan enam orang. Tentu ini tidak ideal jika dibandingkan WB yang ada,” ungkapnya.

Wahyu menjelaskan, idealnya satu regu itu berisikan 12 orang. Sehingga, penjagaan pada lapas setempat menjadi lebih maksimal. Untuk sementara pihaknya hanya memaksimalkan tenaga yang ada.

“Setiap jam, regu personel ini kamu minta untuk melakukan kontrol keliling. Dan setiap pos diminta untuk melaporkan situasi untuk antisipasi,” jelasnya.

Menurutnya, pihaknya sudah mengirimkan surat untuk pengajuan tambahan personel sebanyak 34 orang melalui Kakanwil Jatim. Dan sejauh ini pengajuan ini masih belum turun. Ia berharap pihaknya bisa mendapatkan tambahan lima orang baru setiap regu.

“Mudah mudahan walau tidak terealisasi sebanyak 34 orang, paling tidak kami dapat tambahan personel baru. Agar penjagaan lebih maksimal,” pungkasnya. (riz/fun)