Kemenag Seleksi Sembilan Calon Petugas Haji, Hanya Satu yang Dipilih

PASURUAN, Radar Bromo – Kantor Kementerian Agama Kota Pasuruan mulai merekrut petugas haji. Rangkaian seleksi dilakukan secara ketat dan berjenjang.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Kota Pasuruan Moh Ismail menjelaskan, petugas haji terdiri atas dua kategori. Yakni, panitia penyelenggara ibadah haji (PPIH) pembimbing kloter yang mendampingi rombongan jamaah haji selama beribadah. Lalu, PPIH Arab Saudi yang berada di tanah suci selama pelaksanaan ibadah haji berlangsung.

“Sudah ada sembilan calon PPIH yang diseleksi di tingkat kota. Terdiri atas empat calon PPIH kloter dan lima PPIH Arab Saudi,” jelas Ismail.

Ia menyebut, seleksi dilakukan melalui beberapa tahap. Mulai dari administrasi, computer assisted test (CAT), dan wawancara. Dari empat calon PPIH kloter nantinya hanya terpilih dua orang. “Dua yang lolos masih harus menjalani seleksi kedua,” ungkap Ismail.

Bedanya, seleksi kedua dilakukan Kemenag Kantor Wilayah Jawa Timur. Ismail menyebut jenjang seleksi kedua itu bakal lebih ketat. Sebab, kuota PPIH kloter yang dibutuhkan dari Kota Pasuruan hanya satu.

Sedangkan, untuk PPIH Arab Saudi bertugas memberikan pelayanan selama ibadah haji berlangsung. Mulai dari pelayanan ibadah, konsumsi, akomodasi, pelayanan transportasi, pengelola dana, dan siskohat.

Diketahui, jumlah calon jamaah haji (CJH) di Kota Pasuruan tahun ini sejumlah 252 orang. Jumlah itu masih bisa bertambah, mengingat nanti akan ada mutasi CJH dari luar daerah.Sejauh ini, seluruh CJH itu diminta mengumpulkan paspor. Kemenag menargetkan paspor CJH itu bisa terkumpul akhir Februari ini. (tom/fun)