alexametrics
28C
Probolinggo
Saturday, 16 January 2021

6 PSK di Wilayah Timur Kab Pasuruan Disanksi Bersihkan Kecamatan

GRATI, Radar Bromo – Satpol PP Kabupaten Pasuruan kembali menggelar razia operasi penyakit masyarakat (pekat) di wilayah timur, Sabtu (12/6) malam. Hasilnya, enam pekerja seks komersial (PSK) berhasil diamankan.

Mereka diamankan dari tiga lokasi berbeda. Yakni, di wilayah Desa Sedarum, Kecamatan Nguling; Desa Gejugjati Kecamatan Lekok; dan terakhir di kawasan Pasar Baru Ngopak, Kecamatan Grati.

Plt Kasi Operasi dan Pengendalian Satpol PP Kabupaten Pasuruan Sulhi mengatakan, operasi pekat ini rutin dilakukan untuk memberantas praktik prostitusi di wilayah Kabupaten Pasuruan. Operasi dilakukan sekitar pukul 19.30. Awalnya melakukan penyisiran ke warung remang-remang yang ada di wilayah Desa Sedarum, Kecamatan Nguling.

“Dari hasil penyisiran, didapati 2 PSK di salah satu warung,” ujarnya. Mereka pun langsung diamankan masuk ke truk patroli. Sekitar pukul 20.45, penyisiran dilanjutkan ke Desa Gejugjati, Kecamatan Lekok. Di kawasan itu, diamankan 1 PSK.

Sementara di kawasan Pasar Baru Ngopak, Petugas kembali mengamankan 3 orang PSK di salah satu warung. Total PSK yang diamankan mencapai 6 orang. Semua PSK digelandang dengan truk patroli kemudian dibawa ke Kantor Kecamatan Grati untuk pendataan.

Sulhi mengatakan, 6 PSK tersebut merupakan warga luar kota. Yakni dari Kabupaten Probolinggo 2 orang, Kabupaten Banyuwangi 1 orang, Lumajang 1 orang, Bojonegoro 1 orang, dan Nganjuk 1 orang.

Setelah didata, PSK tersebut juga diberikan pembinaan terkait penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan. Para PSK itu pun bisa bernapas lega. Sebab, mereka tak dikenai sidang tindak pidana ringan (tipiring).

Mereka hanya dikenakan sanksi sosial. “PSK kami beri sanksi kerja sosial berupa kerja bakti membersihkan dengan menyapu halaman kantor Kecamatan Grati,” terangnya.

Untuk memberikan efek jera, KTP PSK tersebut ditahan oleh petugas. Mereka diminta menandatangani berita acara dan kembali pulang ke daerahnya. Jika didapati terkena operasi selanjutnya, PSK tersebut akan ditindak sesuai dengan peraturan yang berlaku. (eka/mie)

MOST READ

BERITA TERBARU