Sudah Ada 16 Kelurahan Tangguh Bencana di Kota Pasuruan

PASURUAN, Radar Bromo – Hampir separo dari seluruh kelurahan di Kota Pasuruan sudah dinyatakan tangguh bencana. Pemkot Pasuruan menargetkan seluruh kelurahan termasuk dalam kategori itu.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Pasuruan Samsul Hadi mengatakan jika penanganan bencana memang tidak bisa hanya ditangani oleh pemerintah melalui BPBD saja. Masyarakat juga diharapkan berperan aktif setiap ada bencana.

“Sampai saat ini sudah ada 16 kelurahan tangguh bencana yang terbentuk,” Samsul.

Sedangkan di Kota Pasuruan ada 34 kelurahan. Sehingga masih ada 18 kelurahan yang belum terkategori tangguh bencana. “Kalau harapan kami, semua kelurahan bisa terbentuk,” jelasnya.

Akan tetapi, hal itu tak bisa serta merta dilakukan. Samsul menyebut, kelurahan tangguh bencana dibentuk secara bertahap agar capaiannya lebih maksimal. Apalagi, pihaknya harus menyiapkan tenaga relawan yang benar-benar siap menjadi ujung tombak kelurahan tangguh bencana. “Jadi kalau setiap tahun ada tambahan lima kelurahan tangguh bencana kami rasa sudah baik,” ujarnya.

Setiap kelurahan ada 10 relawan tangguh bencana. Mereka lebih dulu diberikan bekal terkait mitigasi bencana. “Jadi perlu penguatan SDM secara matang. Relawan juga boleh mengader warga setempat untuk bergabung,” tuturnya.

Melalui kelurahan tangguh bencana itu, kata Samsul, setidaknya masyarakat bisa memiliki inisiatif jika sewaktu-waktu bencana melanda. Di samping itu, tugas para relawan juga mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan guna meminimalisasi terjadinya bencana. (tom/fun)