alexametrics
28C
Probolinggo
Wednesday, 27 January 2021

Puluhan KK di Kota Pasuruan Terimbas Banjir Rob

PANGGUNGREJO, Radar Bromo – Puluhan rumah di Jalan MT Haryono, Kelurahan Mandaranrejo, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan, terendam banjir rob, Selasa malam (12/1). Itu, setelah laut di kawasan pesisir Kota Pasuruan alami pasang.

Puluhan kepala keluarga (KK) pun terdampak. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat memprediksi banjir rob itu masih terjadi dalam dua hari ke depan.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, banjir rob ini terjadi sekitar pukul 22.00. Sekitar kurang lebih 40 KK di Kelurahan Mandaranrejo terendam selama dua jam. Ketinggian air yang masuk permukiman berkisar 30 sampai 40 sentimeter. Jalanan setempat terendam sekitar 30 sentimeter. Kondisi ini membuat pengendara motor tetap bisa melintasi lokasi setempat.

Kasi Pencegahan dan Penanggulangan Bencana pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pasuruan Catur Aldoko mengungkapkan, banjir rob ini merupakan fenomena alam dampak dari pasang air laut.

Bencana itu memang rutin melanda wilayah Kota Pasuruan yang berada di pesisir. Karena itu, masyarakat pun sudah terbiasa.

Ia menjelaskan puncak banjir rob diperkirakan bakal terjadi pada Kamis dan Jumat pekan ini.

Namun BPBD tetap siaga untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan. Meski begitu, selama ini banjir rob tidak sampai pernah menimbulkan kerugiaan materiil maupun jiwa. Sebab waktunya hanya sebentar dan air yang masuk ke permukiman tidak terlalu besar.

“Banjir rob ini terjadi rutin setiap tahun. Warga setempat sudah tahu dengan fenomena ini. Jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Puncaknya Kamis dan Jumat besok,” jelasnya. (riz/mie)

MOST READ

BERITA TERBARU