alexametrics
29C
Probolinggo
Friday, 22 January 2021

Jalur ke Bromo via Pasuruan Kembali Terganggu Longsor

TOSARI, Radar Bromo – Jalur ke Bromo via Pasuruan kembali terganggu longsor. Usai Minggu (10/1) lalu sebagian jalan sempat tertutup material longsor, Rabu (13/1) hal serupa terjadi di Desa Wonokitri.

Tak ada korban jiwa dalam insiden itu. “Arah Bromo (lewat Pasuruan) longsor lagi. Tapi, tidak separah sebelumnya. Hanya ringan saja,” ungkap Camat Tosari Hari Hijrah.

Ia menjelaskan, longsor yang terjadi sisa dari sebelumnya. Selain membawa material tanah juga ada pohon yang terbawa. Kemarin, pohon itu sudah dipotong dan dipinggirkan.

Untuk material longsornya, tidak begitu banyak, sebagian masih di jalan. “Material tanah nanti dibersihkan menggunakan alat berat. Untuk jalur, masih bisa dilewati menggunakan roda dua ataupun roda empat,” katanya.

Sementara ini, penanganan longsor masih terus dilakukan. Beberapa titik material longsor belum dibersihkan. Menurut Hari, alat berat yang dikirimkan oleh pemkab tidak cukup untuk membersihkan sisa-sisa meterial longsor. “Kami butuh satu lagi (alat berat) untuk pembersihan,” jelasnya.

Pihak pemkab pun disebutkan sudah berkoordinasi dengan pihak provinsi. Tujuannya, untuk meminta bantuan alat berat. Namun hingga sejauh ini, alat berat milik provinsi masih dalam pembenahan. “Kami berharap bisa dibawa dan dibetulkan di sini (Tosari. Red). Kemudian, bisa langsung digunakan,” harapnya. (sid/mie)

MOST READ

BERITA TERBARU