alexametrics
28C
Probolinggo
Saturday, 16 January 2021

BPN Target Capai 88.620 Bidang Sertifikasi Tanah

PASURUAN,Radar Bromo – Target sertifikasi tanah yang dicanangkan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Pasuruan, tahun ini cukup tinggi. Mencapai 88.620 bidang tanah. Jumlah ini sekaligus mem-backup tahun-tahun sebelumnya.

Kasubbag Tata Usaha BPN Kabupaten Pasuruan Sukardi mengatakan, jumlah bidang tanah yang ditargetkan sertifikat tahun ini lebih banyak dari tahun kemarin. Pada 2020 hanya sekitar 65 sertifikat tanah dan dikurangi separo.

“Tahun 2020 ada sekitar 65 ribu bidang target yang bersertifikat. Tetapi, karena anggaran sebagian dialihkan ke Covid-19, dikurangi mencapai separonya. Yakni, hanya 33 ribu bidang tanah,” ujarnya.

Penerbitan sertifikat tanah tahun ini lebih meng-cover pada program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) pada tiga tahun sebelumnya. Yaitu, 2018, 2019, dan 2020 yang belum selesai. “Harus selesai sebelum akhir tahun,” ujar Sukardi.

Adapun puluhan ribu bidang tanah yang akan disertifikatkan tahun ini milik warga maupun lintas sektor, seperti Usaha Kecil dan Menengah (UKM) hingga nelayan, tanah wakaf, tanah bengkok, dan lain sebagainya di 41 desa di 13 kecamatan. Demi mencapai target itu, BPN menyiapkan seluruh tim ajudikasi PTSL.

“Tim tersebut berjumlah 207 orang yang terbagi menjadi 6 tim. Tugasnya sangat banyak. Mulai dari perencanaan, pengumpulan data fisik, dan dokumen asli semua bidang tanah. Pemberian asistensi terhadap kelengkapan persyaratan bukti kepemilikan tanah, pemeriksaan kebenaran formal data fisik, hingga penerbitan sertifikat,” jelasnya.

Dengan patokan target yang cukup banyak, ia mengimbau warga menyiapkan seluruh dokumen dengan selengkap-lengkapnya. Seperti, bukti identitas, surat pajak, dan bukti kepemilikan tanah dan dokumen penting lainnya. Hal itu penting agar mempermudah penerbitan sertifikat.

“Mudah-mudahan secepatnya selesai karena program PTSL ini mendukung program strategi nasional. Jadi, kami akan semaksimal mungkin untuk menyelesaikannya, bahkan setiap hari lembur,” ujarnya. (sid/rud/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU