alexametrics
28C
Probolinggo
Sunday, 17 January 2021

Pencairan Tahap Dua Bantuan Operasional PAUD Ditarget Bulan Ini

PANGGUNGREJO, Radar Bromo– Lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) di Kota Pasuruan sepertinya harus lebih bersabar menunggu pencairan bantuan operasional tahap dua. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) menyebut pencairan tahap dua masih dalam proses. Ditargetkan bulan ini, pencairan sudah bisa dilakukan.

Kasubag Perencanaan Dinas P dan K Kota Pasuruan, Sutrisno mengungkapkan, bantuan operasional (BOP) tahap pertama untuk Paud memang telah dicairkan beberapa waktu lalu. Nilainya mencapai Rp 550 juta. Sementara untuk tahap dua belum dicarikan. Saat ini proses pencairannya sendiri masih terus dilakukan.

“Tahap kedua masih proses. Proses verifikasi sudah dilakukan. Insyaallah jumlah penerima tidak berbeda dengan tahap pertama lalu. Perkiraan dalam bulan ini bisa dicairkan ke setiap lembaga,” ungkapnya.

Tris-sapaan akrabnya menjelaskan, ada 230 lembaga yang ditarget menjadi lembaga penerima. Namun alokasi BOSDA yang diberikan pada setiap lembaga berbeda. Kondisi ini bergantung pada jumlah siswa yang dimiliki.

Setiap lembaga bakal mendapatkan alokasi Rp 120.000 per tahun untuk setiap siswa. Sementara untuk guru PAUD mendapatkan uang transport sebesar Rp 300.000 per orang per bulannya.

Menurutnya, dana bantuan operasional ini harus dialokasikan untuk kegiatan pembelajaran dan bermain seperti penyediaan bahan bermain dan belajar, kegiatan pendukung seperti penyediaan buku administrasi dan kotak P3K. Disamping itu adapula kegiatan lainnya seperti perawatan sarana dan penyediaan fasilitas internet.

Lembaga PAUD yang mendapatkan BOSDA harus memenuhi sejumlah persyaratan. Diantaranya, lembaga sudah terdaftar secara hukum minimal satu tahun dan lembaga tersebut sudah memiliki nomor pokok wajib pajak (NPWP).

“Proses pencairan disesuaikan dengan bentuk lembaga penerima. Jika lembaga berbentuk swasta akan dilalukan sistem hibah. Kami berharap lembaga penerima bersabar,”pungkasnya. (riz/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU