alexametrics
25C
Probolinggo
Sunday, 17 January 2021

Perbaikan Jalan di Kota Pasuruan Diprioritaskan Spot Membahayakan

PANGGUNGREJO, Radar Bromo – Pemkot Pasuruan tetap melakukan pemeliharaan rutin sejumlah ruas jalan perkotaan tahun ini. Sejauh ini, anggaran yang tersedia masih terserap 60 persen. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) menyebut, pemeliharaan memprioritaskan spot yang membahayakan.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Kota Pasuruan, Gustav Purwoko mengungkapkan, pihaknya menyiapkan anggaran Rp 800 juta dalam APBD untuk pemeliharaan jalan. Anggaran ini digunakan selama satu tahun dan saat ini sudah terserap Rp 500 juta.

Dengan demikian, tersisa anggaran Rp 300 juta. Sisa anggaran yang ada ini menurutnya bakal dimaksimalkan hingga akhir Desember.

“Pemeliharaan jalan tetap kami lakukan. Ini untuk memastikan jalan di Kota Pasuruan nyaman dilewati dan tidak membahayakan bagi pengguna jalan yang melintas,”ungkapnya.

Gustav menjelaskan, pemeliharaan diprioritaskan pada spot-spot yang membahayakan. Untuk tahun ini yang mendapatkan pemeliharaan di antaranya ruas jalan Balaikota, Pahlawan dan Supriadi.

Pemeliharaan berupa penambalan pada jalan yang berlubang. Lalu, penggantian aspal yang jelek hingga pemotongan aspal yang bergelombang.

Pihaknya sendiri optimistis anggaran yang tersedia cukup hingga akhir Desember. Sebab pemeliharaan memang dilakukan berdasarkan skala prioritas dengan melihat kondisi di lapangan. Jika memang dinilai ruas jalan tersebut bisa membahayakan pengguna jalan, maka menjadi prioritas untuk mendapatkan pembenahan.

“Insyaallah alokasi yang ada mencukupi. Memang yang kami pelihara itu yang mendesak seperti jalan Supriyadi. Jalan di sini membahayakan dan untuk diperbaiki berat masih menunggu tahun depan,” sebut Gustav. (riz/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU