alexametrics
26.6 C
Probolinggo
Monday, 26 October 2020

Selain Penumpang, Pengiriman KA Angkutan Barang Mulai Naik

PASURUAN, Radar Bromo – Usai sempat mandek tidak beroperasi akibat adanya pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia, KA angkutan barang kembali beroperasi normal. Meski realisasi masih belum mencapai target, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9 Jember mencatat ada peningkatan signifikan pada pengiriman barang dalam dua bulan terakhir.

Manajer Humas PT KAI Daop 9 Jember Mahendro Bawono mengungkapkan, pengiriman barang di wilayah Daop 9 Jember melalui jasa Rail Express mengalami peningkatan sebesar 90 persen dua bulan ini. Di bulan Juni tercatat hanya sebesar 147 ton dan Juli meningkat sebesar 267 ton. Khusus Juli capaian ini sekitar 85 persen dari target 328 ton.

“Ini sangat baik. Apalagi pada Mei lalu, dari target 180 ton, realisasinya 0 (nihil, Red) karena ada pandemi Covid-19. Jadi, KA angkutan barang tidak ada yang beroperasi,” ungkapnya.

Mahendro menjelaskan, kapasitas angkut pengiriman barang tersedia sebanyak 20 ton untuk setiap KA. Khusus Stasiun Pasuruan, tercatat menerima 27 ton, sementara Probolinggo menerima 30 ton barang pada Juli lalu. Atau rata-rata di dua stasiun ini, ada satu ton paket barang yang dikirim menggunakan jasa Rail Express setiap hari.

Meski demikian, ia memastikan kapasitas yang ada masih cukup untuk menerima pengiriman barang setiap hari. Bagi masyarakat yang ingin mengirimkan barang keluar kota menggunakan jasa ini, mereka bisa menyerahkan barang pada loket Rail Express yang disediakan di setiap stasiun di wilayah Daop 9 Jember.

Sementara di Agustus ini, pihaknya menargetkan ada 288 ton paket barang yang dikirim dan hingga kemarin (12/8), target ini sudah terealisasi sebanyak 67 ton atau 23 persen. Khusus bulan ini PT KAI memberikan harga yang lebih murah bagi masyarakat.

“Tentu masyarakat yang hendak menyerahkan barang harus mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker. Dan kami lihat animo masyarakat cukup tinggi,” terang Mahendro. (riz/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

PWI Probolinggo Bangkit setelah 10 Tahun Vakum  

General Manager Jawa Pos Radar Bromo H.A. Suyuti, terpilih sebagai ketua PWI Probolinggo Persiapan.

Penuhi Syarat, JMSI Serahkan Berkas Pendaftaran ke Dewan Pers

Dideklarasikan 8 Februari 2020, dalam waktu singkat JMSI dapat memenuhi persyaratan menjadi konstituen Dewan Pers.

Ngantuk, Pemotor asal Sidoarjo Tabrak Taman Bambu Runcing Pandaan    

Motor Honda Supra X yang dikendarai korban seorang diri, menabrak taman Bambu Runcing

Fortuner Tabrak Pikap Parkir di Prigen, Tiga Terluka  

Sesampainya di lokasi kejadian, Fortuner itu menabrak dari belakang pikap Isuzu Panther pikap yang diparkir di bahu jalan sebelah kiri.

Warga Binaan Rutan Bangil Ubah Lahan Parkir Jadi Bengkel Mebel

Hidup di penjara, tidak boleh mematikan kreativitas. Sebab, meski hidup di lingkungan yang terbatas, seorang tahanan masih bisa berkreasi. Hal ini yang dilakukan di Rutan Bangil dengan mengembangkan industri mebeler.