Tahun Ini Dishub Kota Pasuruan Tak Tambah Personel Jukir

GADINGREJO, Radar Bromo – Jumlah juru parkir (jukir) resmi yang dimiliki oleh Pemkot Pasuruan sebanyak 86 orang. Dinas Perhubungan (Dishub) setempat memastikan tidak menambah jumlah jukir tahun ini.

Kabid Lalu Lintas (Lalin) pada Dishub Kota Pasuruan, Andriyanto mengungkapkan saat ini ada 86 jukir resmi di Kota Pasuruan. Puluhan jukir ini bertugas menjaga 113 titik parkir resmi Kondisi ini membuat ada jukir resmi yang harus menjaga lebih dari satu titik parkir.

Meski demikian pihaknya belum berencana untuk menambah jukir resmi tahun ini. Dishub tidak menampik ada permintaan dari jukir resmi untuk menambah jukir baru. Misalnya dengan merekrut pembantu jukir yang selama ini ikut membantu jukir untuk mengatur titik parkir.

“Memang ada permintaan dari jukir untuk merekrut pembantu jukir sebagai jukir resmi. Cuma tahun ini tidak ada,” ungkapnya.

Andri-sapaan akrabnya menjelaskan pihaknya tidak akan menutup mata terkait permintaan jukir itu. Namun ia mengaku dishub perlu mengkaji dulu kebutuhan riil dan kekuatan anggaran yang dimiliki.

Menurutnya keberadaan pembantu jukir ini memang tidak diperbolehkan. Meski jukir beralasan untuk membantu pengaturan parkir saat ramai, ini tetap saja dilarang. Sebab yang resmi hanya 86 jukir.

Menurutnya Dishub memandang jukir yang ada saat ini sudah lebih dari cukup. Sebab tidak seluruh lokasi parkir resmi ini ramai. Ada pula yang sepi Sehingga satu jukir menjaga lebih dari satu lokasi parkir itu wajar.

“Memang ada yang meminta untuk merekrut pembantu jukir yang ada. Sementara kami maksimal jukir yang ada saat ini dahulu,” terangnya. (riz/fun)