Sebelum Libur Natal, Rehab Rehab Jalan Nasional Ditarget Rampung

PASURUAN, Radar Bromo – Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII terus mengebut target jalan Gempol Probolinggo bebas lubang.

Saat ini BBPJN sudah merampungkan 42 ribu meter persegi pada jalan yang dinilai membahayakan bagi pengendara jalan. Ditargetkan sebelum libur Natal tahun ini, pengerjaan ini sudah rampung.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) BBPJN VIII wilayah Gempol Pasuruan Probolinggo Rudy Napitupulu menggungkapkan, pihaknya menargetkan 210 ribu meter persegi bebas dari lubang.

Saat ini tim teknis di lapangan masih terus bergerak memperbaiki jalan yang berlubang dan membahayakan. Sejumlah titik yang padat keramaian ditangani lebih dahulu.

“Tim kami di lapangan masih terus bergerak. Saat ini belum mencapai separo dari target. Namun, kami optimistis bisa rampung tepat waktu,” ungkapnya.

Pria asal Kota Medan, Sumut, ini menjelaskan teknis pelaksanaan di lapangan adalah dengan slurry seal. Yakni, mengganti aspal lama dengan aspal baru.

Jalan yang diperbaiki dengan slurry seal ini berupa spot-spot yang terpisah. Dalam perbaikannya pun, Balai Besar tidak melakukan dalam satu kesatuan. Melainkan jalan yang lebih butuh penangan segera diprioritaskan.

Untuk mempercepat penanganan menggunakan slurry seal ini, Balai Besar menyiapkan empat alat berat yang digunakan petugas. Satu alat berat ini bisa melakukan pengerjaan pada 3.000 meter persegi ruas jalan. Dengan begitu, pihaknya optimistis target 210 ribu meter persegi ini bisa dicapai hingga akhir tahun.

“Tentu kami optimistis target ini bisa dikejar. Petugas di lapangan terus mempercepat pengerjaan slurry seal ini setiap harinya agar sesuai target,” terang Rudy. (riz/mie)