Pembangunan Plaza Kios di Banyubiru, Target Bulan Ini Lelang

BELUM BUKA KEMBALI: Banyubiru yang bakal dilengkapi plaza kios untuk pedagang. Lelang proyek pembangunannya ditarget mulai dilakukan bulan ini. (FOTO: M. Zubaidillah/Radar Bromo)

Related Post

WINONGAN, Radar Bromo – Sempat ter-pending, pengerjaan kios pedagang di tempat wisata Banyubiru dipastikan bakal dilanjut tahun ini. Targetnya, Agustus ini proyek mulai dilelang.

Sekretaris Disparbud Gunawan Wicaksono mengatakan, setelah kepastian DAK dari pusat kembali turun Juli lalu, Disparbud sempat mengevaluasi kembali terkait anggaran dan tenggat waktu pengerjaan fisik.

“Karena jangka waktu tinggal 5 bulan, sehingga kami evaluasi lagi apakah dengan sisa waktu tersebut bisa dilaksanakan. Untuk plaza kios pedagang (di Banyubiru) kami tetap akan lanjutkan,” terangnya.

Untuk lelang sendiri dipastikan akan masuk bulan Agustus ini. Dan jika lancar, maka targetnya setelah lelang bisa langsung pengerjaan fisik.

Dengan sisa waktu yang ada ini, nantinya juga akan melihat kesanggupan dari penyedia jasa. Apakah mampu menyelesaikan sampai tutup tahun nanti. “Namun kami optimistis bisa selesai. Untuk plaza kios ini agar bisa dituntaskan pengerjaan fisik sampai akhir Desember,” terangnya.

Anggaran plaza kios pedagang sendiri dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Pusat sebesar Rp 2 miliar. Anggaran tersebut rencananya untuk membangun ulang kios pedagang di sebelah selatan kolam alami menjadi plaza pusat jajanan dan kompleks pertokoan.

Plaza pertokoan ini bakal dibangun di areal selatan lokasi Kolam Alami. Saat ini memang sudah ada lapak pedagang. Namun kondisinya sudah kurang layak. Selain langit-langitnya banyak yang bolong, kondisi genting juga banyak yang sudah jebol.

Dengan adanya plaza kios pedagang , kondisi pedagang mamin bisa lebih baik dan nyaman. Termasuk, bisa meningkatkan pengunjung di Pemandian Alam Banyu Biru ke depan. (eka/mie)