alexametrics
28C
Probolinggo
Sunday, 17 January 2021

Target Retribusi Tenaga Kerja Asing di Kab Pasuruan Turun Separo

PANDAAN, Radar Bromo–Pandemi korona membuat sejumlah pemasukan daerah merosot drastis. Salah satunya dari retribusi Tenaga Kerja Asing (TKA).

Imbas pandemi Covid-19, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Pasuruan menurunkan target retribusi dari TKA yang bekerja di Kabupaten Pasuruan. Dari yang awalnya ditarget sebesar Rp 2,02 miliar, diturunkan jadi Rp 1,01 miliar sampai akhir tahun mendatang.

Kabid Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja pada Disnakertrans Kabupaten Pasuruan Suhartana menerangkan, realisasi retribusi notifikasi tenaga kerja asing diturunkan targetnya. Ini, lantaran setelah pandemi korona, belum ada tambahan TKA lagi yang masuk ke Kabupaten Pasuruan.

“Dengan adanya pandemi wabah korona ini, jumlah TKA yang bekerja stagnan. TKA yang saat ini bekerja di Kabupaten Pasuruan belum ada yang kembali ke negeranya. Termasuk tidak ada tambahan lagi dari negara lain,” ujar Suhartana.

Lantaran melihat ada pembatasan keluar-masuk tenaga kerja, penambahan TKA ke-Indonesia termasuk Kabupaten Pasuruan dipastikan tidak ada. Termasuk, TKA yang ada rencana didatangkan ke Pasuruan juga sementara ter-pending.

“Melihat situasi saat ini, Disnaker menurunkan target retribusi TKA separonya. Sehingga, ditarget hanya Rp 1,01 miliar,” imbuhnya.

Kendati diturunkan separo, realisasi retribusi TKA sampai semester pertama atau akhir Juni lalu tercatat tetap tinggi. Sudah mencapai Rp 1,318 miliar atau sudah terealisasi 130 persen.

Meski sampai semester pertama ini sudah terealisasi. Dengan realisasi sementara ini, Disnaker sementara belum ada rencana mengubah target retribusi TKA. Karena situasi pandemi masih belum mereda sampai saat ini. (eka/mie)

MOST READ

BERITA TERBARU