Siapkan Anggaran Rp 572 Juta untuk Proyek Padat Karya Tahun Ini

PURWOREJO, Radar Bromo – Pemkot Pasuruan terus berupaya mengurangi jumlah pengangguran di Kota Pasuruan. Salah satunya dengan melakukan program padat karya. Tahun ini Pemkot mengalokasikan Rp 572 juta untuk program ini.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Pasuruan Mahbub Effendi mengungkapkan, anggaran padat karya tahun ini sama dengan tahun 2018 lalu. Yakni, sebesar Rp 572 juta. Namun, pihaknya belum memastikan lokasi padat karya ini.

“Anggarannya sama dengan tahun lalu dengan menggunakan APBD 2020. Cuma lokasi tempat pengerjaannya masih kami diskusikan dengan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim),” terang Mahbub.

Mahbub menjelaskan, anggaran ratusan juta ini disiapkan untuk honor bagi pekerja. Masing-masing pekerja akan menerima honor Rp 50 ribu setiap harinya. Mereka bekerja selama enam hari mulai pukul 07.00 sampai pukul 11.00.

Menurutnya, program padat karya ini diharapkan bisa membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Program padat karya tahun ini tidak berbeda dengan sebelumnya. Sasarannya untuk menyerap tenaga kerja yang tidak memiliki pekerjaan tetap.

“Ini, untuk menyerap masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan. Sasarannya tentu warga setempat. Mereka dibayar selama melakukan pengerjaan ini. Padat karya ini bisa berupa pengerjaan gorong-gorong atau drainase,” pungkasnya. (riz/fun)