alexametrics
24C
Probolinggo
Saturday, 23 January 2021

Eks Kios Pedagang Burung Pasar Kebonagung Dialokasikan Rp 522 Juta

PURWOREJO,Radar Bromo – Wajah kios di pedagang burung yang terletak di sisi utara Pasar Kebonagung bakal semakin cantik. Tahun depan pemkot berencana merehab los pasar setempat. Pembiayaannya akan diajukan dalam APBD 2021.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala UPT Pasar pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pasuruan, Ridho Wijaya mengungkapkan, Disprindag berencana bakal merehab los eks pasar burung di Pasar Kebonagung. Pasalnya los setempat sudah dalam kondisi tidak layak. Atap los eks pasar burung ini juga penuh lubang.

Pihaknya sendiri sudah berencana merehab los eks pasar burung ini sejak 2018 lalu. Namun rencana ini berulang kali tertunda. Karena itu pihaknya berharap rencana ini bisa terealisasi tahun depan. Sehingga wajah los setempat menjadi cantik dan pedagang semakin nyaman berjualan di lokasi setempat.

“Rehabnya dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). Pembiayaannya sepenuhnya diajukan tahun depan. Rehabnya berupa perbaikan los setempat. Sementara pemfungsiannya tetap seperti saat ini,” ungkapnya.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Kota Pasuruan, Gustav Purwoko membenarkan adanya rencana rehab los eks pedagang burung di pasar Kebonagung. Ini sesuai permintaan dari Disperindag. Pemkot berkomitmen agar pasar tradisional di Kota Pasuruan semakin baik dan indah. Sehingga masyarakat betah untuk berbelanja di pasar.

Pihaknya bakal mengajukan angggaran Rp 522 juta dalam APBD 2021. Anggaran ini diperuntukkan memperbaiki atap maupun bedak yang rusak. Agar dapat dirampungkan tepat waktu, usai pengajuan ini diterima, pihaknya bakal melakukan tahap perencanaan sedini mungkin.

“Pengajuan melalui APBD 2021. Karena anggarannya di atas Rp 200 juta, maka kami bakal melakukan lelang lebih dahulu. Rehab seluruh los untuk yang rusak rusak. Mudahan pengajuan ini diterima,” sebut Gustav. (riz/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU