Lima Ruas Jalan di Kab Pasuruan Ini Bakal Dipasang CCTV Tahun Ini

BANGIL, Radar Bromo – Jumlah ruas jalan di Kabupaten Pasuruan yang bakal dilengkapi closed circuit television (CCTV) tahun ini bakal bertambah. Itu, lantaran Dinas Perhubungan (Dishub) setempat berencana menambah 5 titik baru untuk pemasangan CCTV.

Agus Hari Wibawa, kepala Dishub Kabupaten Pasuruan mengatakan, upaya penambahan CCTV terus dilakukan. Arus lalu lintas yang padat jadi incaran.

“Tahun ini kembali ada tambahan CCTV, ada 5 titik yang bakal ditambah baik di Kraton, Pandaan, Bangil, dan Purwodadi,” terang Agus Hari.

Ia mengatakan, saat ini total sudah ada 24 simpang jalan yang sudah terpantau secara live CCTV. Untuk tahun ini, rencananya ada tambahan 5 titik lagi. Yakni, di simpang tiga Sidogiri Kraton; Kali Sidogiri Kraton; Jalan RA Kartini Pandaan; Parerejo Purwodadi, dan di Simpang 4 depan SMPN 3 Bangil.

Untuk anggaran penambahan CCTV ini dianggarkan sebesar Rp 100 juta. Saat ini dikatakan masih tahap konsultan perencanaan untuk pemasangan CCTV.

Kapan CCTV itu akan mulai dipasang? Agus Hari masih belum bisa memastikan. Ini, lantaran awal tahun ini ada arahan dari Polda Jawa Timur terkait bakal adanya e-tilang.

“Untuk pemasangan, kami masih menunggu, ini lantaran bakal ada rencana penerapan e-tilang. Sehingga, masih perlu koordinasi terkait kebutuhan CCTV yang seperti apa dan evaluasi pemasangan CCTV-nya,” jelasnya.

Namun, saat ini pemasangan CCTV di jalan-jalan simpang dan jalan padat di Kabupaten Pasuruan untuk memantau situasi kepadatan kendaraan dan termasuk jalan yang rawan terjadi kecelakaan lalu lintas. (eka/mie)