Ajukan Hibah Rp 250 Miliar untuk Bangun Stadion di Wilayah Timur

PASURUAN, Radar Bromo – Rencana Pemkab Pasuruan untuk menekan disparitas wilayah antara timur dan barat terus dilakukan. Salah satunya dengan membangun stadion olahraga di wilayah timur.

Pemkab Pasuruan pun mengusulkan dana hibah sebesar Rp 250 miliar untuk pembangunannya ke Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Seperti yang disampaikan Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf.

Menurut Bupati, pemkab sudah berupaya mengusulkan proposal pembangunan stadion olahraga di Kabupaten Pasuruan pada 2019. Namun, sampai awal 2020, belum ada kepastian apakah anggaran tersebut disetujui atau tidak.

“Sudah kami usulkan untuk anggaran rencana pembangunan stadion ke pusat. Namun, memang belum ada informasi lebih lanjut,” terangnya.

Dikatakan Bupati, stadion olahraga ini rencananya akan dibangun di Grati. Tujuannya, agar ada fasilitas olahraga yang memadai untuk masyarakat di wilayah timur sampai selatan Kabupaten Pasuruan. Karena saat ini stadion olahraga hanya ada di Kelurahan Pogar, Bangil.

“Tujuannya, untuk menekan disparitas wilayah. Rencananya akan kita bangun di Grati biar ada penyebaran dan bisa dimanfaatkan untuk masyarakat di wilayah timur sampai selatan warga Kabupaten Pasuruan,” terangnya.

Kebutuhan anggaran untuk pembangunan itu mencapai Rp 250 miliar. Nantinya, stadion itu tidak hanya jadi lapangan sepak bola. Tapi, juga untuk lintasan atletik, tempat penonton, dan sarana prasarana lainnya yang menunjang.

Bupati berharap stadion ini nantinya tidak hanya dipakai sebagai kegiatan olahraga. Tapi, juga bisa dijadikan pusat kegiatan masyarakat. Bupati pun optimistis, keberadaan stadion itu bisa meningkatkan prestasi olahraga warga di wilayah timur Kabupaten Pasuruan nantinya. (eka/hn/fun)