Jalan Dibenahi setelah Pelebaran Kejayan-Purwosari Rampung Dikerjakan

KEJAYAN, Radar Bromo РPelebaran jalan provinsi di ruas Kejayan-Purwosari terus dikebut. Proyek yang berjalan dari Program Hibah Jalan Daerah (PHJD) itu ditargetkan bakal selesai Oktober 2020 mendatang.

Karena itu, pelebaran jalan kini terus dikerjakan. Sebab, proyek tersebut nantinya juga akan dilanjutkan dengan merehab jalan. Panjangnya sekitar 3,9 kilometer.

“Saat ini pekerjaan yang berjalan masih pelebaran jalan di dua sisi,” ungkap Staf Dinas PU Bina Marga Provinsi Jawa Timur Wilayah Probolinggo Dewi Atikah.

Dia menambahkan, pelebaran jalan itu dimulai dari kawasan Warungdowo hingga Kejayan. Sejauh ini, pekerjaan tersebut sudah hampir rampung seluruhnya. Setelah itu, akan dilanjutkan dengan merehab jalan sesuai dengan panjang jalan yang dilebarkan.

“Pengecoran dua sisi jalan memang membuat permukaan bahu jalan lebih tinggi dari permukaan jalan utama,” tambah Atikah.

Hal itu dikarenakan adanya rencana pengaspalan di jalan utama. Sehingga, dua sisi jalan yang dilebarkan nanti ketinggiannya akan sama dengan permukaan jalan setelah direhab.

Permukaan bahu jalan yang lebih tinggi ketimbang jalan utama, lanjut Atikah, memang bertujuan untuk memaksimalkan rehab jalan. Dengan adanya bahu jalan yang lebih tinggi, akan membuat pengaspalan lebih kuat.

“Jadi, setelah ada pengaspalan ketinggiannya akan sama. Harapannya, nanti ketika pengaspalan, struktur jalannya lebih kuat karena di dua sisi ada beton sebagai pengapitnya,” tandasnya. (tom/fun)