Tertibkan Puluhan Reklame di 4 Titik, Kebanyakan Perizinan yang Tak Lengkap

PASURUAN, Radar Bromo – Pemasang reklame di sejumlah ruas jalan Kota Pasuruan tampaknya jauh dari kata jera. Meski sudah kerap ditertibkan, reklame liar masih banyak ditemukan. Satpol PP setempat mencopot puluhan reklame di sejumlah lokasi.

Penertiban itu dilakukan Selasa (7/1). Ada empat ruas jalan yang dituju petugas. Antara lain di sepanjang Jalan Gatot Subroto, Jalan Panglima Sudirman, Jalan Diponegoro, dan di sekitar simpang empat Kebonagung.

“Patroli dilakukan menyeluruh, namun yang ditemukan ada di empat lokasi itu,” ujar Plt Kepala Satpol PP Kota Pasuruan Yanuar Afriansyah.

Menurut Yanuar, penertiban reklame itu terus dilakukan. Tujuannya, agar pemasangan reklame lebih memperhatikan peraturan yang berlaku. Mulai dari izin pemasangan, tata cara, dan lokasinya.

“Dalam kegiatan penertiban, banyak yang masih dipaku di pohon. Dan sebagian besar yang melanggar ini memang tak punya izin,” imbuh dia.

Yanuar menyebut, ada 38 reklame yang diamankan. Hanya beberapa di antaranya yang sudah memiliki izin. Namun, tetap ditertibkan. Yanuar menilai pemasangannya tak tepat.

“Meski sudah berizin, tetap kami tertibkan karena dipasang di fasilitas umum seperti tiang listrik dan PJU,” pungkasnya. (tom/fun)