Target 2,7 Juta Kunjungan Wisatawan Bakal Sulit karena Pandemi

SEBELUM WABAH: Wisatawan menikmati fasilitas di Wisata Red Flowers. Sejak pandemi lalu, kunjungan wisata di Kabupaten Pasuruan baru tercatat 615 ribu, dari target 2,7 juta wisatawan. (Foto: M Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

PASURUAN, Radar Bromo – Ditutupnya tempat wisata sejak pandemi Covid-19 membuat jumlah wisatawan yang datang ke Kabupaten Pasuruan anjlok. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Pasuruan kini tengah mengevaluasi target kunjungan sampai akhir tahun ini.

Sekretaris Disparbud Kabupaten Pasuruan Gunawan Wicaksono mengatakan, adanya korona memang membuat jumlah wisatawan turun. Bahkan, sementara ini tercatat masih 615 ribu wisatawan yang datang ke Kabupaten Pasuruan.

“Jumlah wisatawan yang terhitung ini (615 ribu, Red) masih dari Januari sampai Maret lalu. Setelah korona dan tempat wisata tutup, belum ada tambahan wisatawan lagi,” terangnya.

Gunawan mengatakan, memang saat ini tempat wisata sudah mulai buka untuk wisatawan. Namun, sifatnya masih uji coba dan masih dibatasi sehingga belum semua fasilitas dibuka total.

Padahal, tahun 2020 di awal tahun lalu. Disparbud Kabupaten Pasuruan menargetkan tahun ini bisa mencapai 2,7 juta wisatawan. Melihat sampai pertengahan tahun ini, target kunjungan tersebut sulit terealisasi. Selain karena masih banyak tempat wisata yang tutup, sejauh ini banyak pembatasan-pembatasan di tempat wisata.

“Selain saat ini masih banyak tempat wisata yang tutup, juga ada kebijakan jika buka harus ada pembatasan maksimal 50 persen dari kapasitas pengunjung. Hal ini membuat kunjungan wisatawan ke depan juga terbatas,” terangnya.

Disparbud masih mengevaluasi terget kunjungan wisatawan lantaran melihat situasi saat ini sulit mencapai target hingga 2,7 juta wisatawan. Apalagi wisata memang paling banyak terdampak dan diperkirakan masih terdampak sampai akhir tahun mendatang, jika wabah korona masih belum mereda.

Sedangkan di tahun 2019 lalu, jumlah kunjungan wisatan di Kabupaten Pasuruan mencapai 2,6 juta wisatawan. Jumlah ini lebih tinggi dari target 2,5 juta wisatawan. (eka/fun)