Pemkab Pasuruan Target Bangun Embung Baru di Grati

BANGIL, Radar Bromo – Kabupaten Pasuruan saat ini sudah memiliki tujuh embung. Namun, jumlahnya dinilai masih kurang. Pemkab setempat pun tahun ini kembali mengajukan pendirian embung di wilayahnya.

Saat ini rencana penambahan embung itu pun terus dimatangkan. Beberapa titik dilirik untuk dijadikan lokasi pembangunan embung di wilayah Kabupaten Pasuruan.

Salah satunya di wilayah Kecamatan Grati. Penyiapan anggarannya pun mulai dilakukan. Meski hanya berupa pembebasan lahan.

Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Tata Ruang Kabupaten Pasuruan Misbah Zunib mengungkapkan, selain Kecamatan Pasrepan, rencana pembangunan embung juga akan direalisasikan di wilayah Grati.

Pembangunan embung di wilayah Grati bukan hanya difungsikan untuk penyediaan air irigasi. Tetapi, juga untuk mengurangi volume air yang mengalir ke Sungai Rejoso saat musim hujan.

“Selain konservasi alam, juga untuk penyediaan air bagi warga serta menampung air yang mengalir ke Sungai Rejoso. Sehingga, bisa meminimalisasi luapan air sungai rejoso,” timpal Misbah.

Rencana pembangunan embung Grati, bakal direalisasikan di wilayah Kalipang, Kecamatan Grati. Sejauh ini, pemkab setempat masih melakukan survei untuk memastikan kelayakan pembangunan embung tersebut.

Kalau memang memungkinkan, tentunya akan direalisasikan. “Kami membutuhkan lahan setidaknya empat hektare untuk pembangunan embung tersebut,” sambungnya.

Pembangunan embung Grati itu, tidak dilakukan Pemkab, melainkan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas. Pemkab sendiri berperan untuk penyediaan lahan.

Ia menegaskan, pembebasan lahan embung setempat diupayakan bisa terealisasi tahun 2020 ini. Pemkab sudah menyiapkan dana sekitar Rp 1,5 miliar untuk merealisasikannya. “Tugas kami menyediakan lahan. Untuk pembangunannya, akan direalisasikan BBWS Brantas,” tuturnya.

Diketahui, saat ini ada 7 embung di Kabupaten Pasuruan. Yakni, Embung Mbiting, Desa Sukoreno, Kecamatan Sukorejo; Embung Kertosari, Kecamatan Purwosari; Embung Kedungbanteng, Kecamatan Rembang; Embung Krikilan, Kecamatan Kejayan; Embung Kalisat, Kecamatan Rembang; dan Embung Sanganom di Nguling serta yang terbaru, Embung Welulang, Kecamatan Lumbang. (one/mie)