alexametrics
31C
Probolinggo
Thursday, 28 January 2021

Tak Tambah Buku Fisik, Perpustakaan Hanya Optimalkan e-Book

PURWOREJO, Radar Bromo– Dinas Perpustakaan dan Arsip (DPA) Kota Pasuruan tidak melakukan pengadaan buku fisik baru dalam APBD tahun ini. Sebaliknya, DPAsetempat mengoptimalkan keberadaan e-Book yang diadakan di awal tahun anggaran. Diharapkan e-Book ini memudahkan masyarakat dalam membaca buku.

Kabid Perpustakaan pada Dinas Perpustakaan dan Arsip (DPA) Kota Pasuruan, Hermin Sulistyowati mengungkapkan, pengadaan buku fisik tahun ini ditiadakan. Pihaknya hanya melakukan penambahan e-Book pada Oktober lalu. Pengadaanya sendiri dilakukan lewat penunjukan langsung sebesar Rp 25 juta.

“Pengadaan fisik tahun ini tidak ada. Pasalnya ada prioritas anggaran yang lebih membutuhkan. Kami cuma melakukan pengadaan ebook saja. Ada 500 e-Book baru tahun ini,”ungkapnya.

Hermin menjelaskan, ratusan e-Book ini terdiri dari bermacam jenis buku. Mulai dari fiksi seperti novel, cerpen dan puisi hingga non fiksi mulai dari sejarah dan ilmu pengetahuan. Ini bertujuan agar plihan bacaan literasi yang bisa bagi masyarakat Kota Pasuruan beragam. Tidak hanya buku cetak, namun mereka juga bisa membaca secara elektronik dengan smart phone.

“e-Book ini bisa dibaca oleh masyarakat Kota Pasuruan yang tergabung dalam anggota Perpusda. Mereka yang ingin mengakses bisa mendaftar lebih dulu ke bagian lobby Perpusda untuk mendapatkan user ID dan password untuk mengunduh e-Book,” sebut Hermin. (riz/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU