Polsek Panggungrejo Sulit Direalisasikan, Ini Kendalanya

PANGGUNGREJO, Radar Bromo – Polres Pasuruan Kota masih belum memiliki Polsek Panggungrejo. Pembangunan Polsek Panggungrejo belum bisa segera direalisasikan. Pasalnya, Polres Pasuruan Kota masih terkendala sarana dan prasarana (sarpras) untuk pemenuhannya.

Kasubbag Humas Polres Pasuruan Kota, AKP Endy Purwanto mengungkapkan, pihaknya sendiri tetap berupaya agar pendirian Polsek Panggungrejo bisa terpenuhi. Polres Pasuruan Kota sempat menyampaikan hal ini pada Mabes Polri beberapa waktu lalu. Namun sampai saat ini pemenuhannya belum terealisasi.

Pasalnya lahan yang akan dijadikan lahan untuk pembangunan Mapolsek Panggungrejo belum tersedia. Tak hanya itu jika nantinya lokasinya tersedia sekalipun, pihaknya tetap terkendala untuk pemenuhan sarprasnya. Seperti personil bagi Polsek Panggungrejo nantinya karena saat ini personel Polres Pasuruan Kota pun tidak ideal.

“Kami sudah menyampaikan hal ini. Namun lokasi lahan belum tersedia, dan juga personel untuk Polsek Panggungrejo juga. Yang jelas ini membutuhkan anggaran yang tidak sedikit,” ungkapnya.

Endy menjelaskan, selama ini untuk malasah keamanan dan ketertiban nasional (kamtibnas) di wilayah Panggungrejo masih busa di-back up oleh tiga Polsek jajaran. Yakni Polsek Bugul Kidul, Polsek Gadingrejo dan Polsek Purworejo. Jadi saat ada peristiwa kriminal atau kegiatan masyarakat setempat yang membutuhkan pengamanan, tiga polsek jajaran ini saling berbagi peran. Dan hal inu ini tidak ada kendala apapun.

“Meski demikian, keberadaan Polsek Panggungrejo sangat dibutuhkan. Tujuannya agar komunikasi dengan jajaran seperti kecamatan menjadi lebih mudah. Sehingga pihak kecamatan setempat tidak langsung ke Polres,” sebut Endy. (riz/fun)