Pelajar SMP di Kota Pasuruan Lulus 100 Persen

PURWOREJO, Radar Bromo – Mulai Jumat (5/6) ini, pengumuman kelulusan pelajar SMP dilakukan. Ada yang langsung diumumkan, ada yang dilakukan bertahap.

Di Kota Pasuruan, kelulusan pelajar SMP mencapai 100 persen. Pengumuman kelulusan dilakukan berbeda dengan tahun lalu. Surat Keterangan Lulus (SKL) di sekolah, diambil orang tua masing-masing pelajar.

Plt Kepala Bidang Pendidikan Dasar di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pasuruan Endang Nurmiyati menerangkan, pengumuman kelulusan pelajar SMP sudah dilakukan Jumat (5/6). “Sebanyak 3.506 siswa SMP dan MTs dinyatakan lulus,” ungkap dia.

Dia menambahkan, ribuan pelajar itu terdiri atas 481 pelajar MTs dan 3.025 pelajar SMP. “Kelulusan 100 persen,” ujarnya.

Dijelaskan Endang, tahun ini sistem kelulusan berbeda dengan tahun sebelumnya. Terutama berkaitan dengan pengambilan SKL yang harus dilakukan oleh orang tua. Sementara pada tahun-tahun sebelumnya, pelajar boleh mengambil SKL sendiri di sekolah.

“Karena ada pandemi, orang tua siswa yang mengambil SKL di sekolah untuk keperluan mendaftar di jenjang berikutnya,” tutur dia.

Guna meminimalisasi kerumunan, pengambilan SKL itu juga dijadwal. Orang tua pelajar mendatangi sekolah sesuai jadwal yang telah ditentukan.

“Selain itu, juga tetap mengutamakan protokol kesehatan,” bebernya.

Di sisi lain, ketentuan kelulusan tahun ini tak semua sekolah mengacu pada hasil ujian. Pasalnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI sendiri sudah meniadakan USBN dan UNAS. Sehingga, ketentuan kelulusan mengacu pada nilai rapor, nilai tugas selama pembelajaran daring, serta sikap pelajar itu sendiri.

“Memang ada beberapa sekolah yang sudah menggelar ujian akhir semester, baik sekolah negeri maupun swasta. Itu tetap menjadi acuan, tetapi bagi sekolah yang belum menggelar ujian ya mengacu pada nilai rapor, pembelajaran daring, dan sikap siswa,” pungkasnya. (tom/fun)