alexametrics
31C
Probolinggo
Saturday, 23 January 2021

Kampung Hebat Pasuruan; Kondisi Lapangan Lebih Bagus dari Foto

PASURUAN,Radar Bromo – Tahapan Anugerah Kampung Hebat Kota Pasuruan 2020 terus bergulir. Usai tahap seleksi proposal dan presentasi, Jumat (4/12) mulai digelar kunjungan lapangan. Rencananya, agenda kunjung lapang itu bakal digelar selama 3 hari hingga Senin (7/12) mendatang.

Di hari pertama kunjung lapang kemarin, ada 4 lokasi yang ditinjau. Yakni di Kecamatan Gadingrejo, ada 3 lokasi. Mencakup Kelurahan Krapyakrejo RT 03/RW 03; Kelurahan Bukir RT 03/RW 08 dan Kelurahan Gadingrejo RT 06/RW 02. Serta Kelurahan Mayangan RT 01/RW 01, Kecamatan Panggungrejo.

Dalam Kunjungan Lapangan ini, Dewan juri melakukan pemantauan secara nyata terhadap apa yang sudah disampaikan lewat proposal administrasi dan presentasi sebelumnya.

Nurul Aulia Rahmah, dewan juri dari Dinas Kesehatan Kota Pasuruan mengatakan, saat kunjung lapang, peserta bisa lebih banyak menunjukkan potensi kampungnya pada dewan juri. “Kami sampai speechless, karena di lapangan, justru lebih bagus dari foto-foto yang ditampilkan saat di proposal,” terangnya.

Salah satunya terkait kesehatan. Di lokasi yang dituju, ditemukan pencegahan jentik nyamuk dan abate, bahkan kegiatannya. Hal ini juga menjadi nilai plus dalam penilaian kesehatan.

Muhammad Rifa’i dewan juri dari Pegiat lingkungan melihat antusiasme warga dalam Lomba Kampung Hebat ini. “Selain melihat banyak tanaman yang dirawat secara kontinyu, juga kami temukan banyak spontanitas yang terlihat baru. Misalnya pot dan tempat sampah baru,” ujarnya.

Hal tersebut tetap baik. Namun, seharusnya tidak semuanya harus baru. Juri menekankan agar kegiatan lingkungan bersifat kontinuitas. Termasuk agar warga bisa memanfaatkan recycle atau daur ulang. Daripada membeli yang baru misal untuk pot tanaman dan tempat sampah.

Termasuk Juri mengaku lebih puas saat kunjungan lapangan lantaran tak semuanya ditampilkan dalam proses administrasi. “Tetap harapan kami kegiatan masyarakat ini dilakukan secara kontinyu, baik dari merawat lingkungan, menjaga, penghijauan dan pengedalian sampah,” harapnya. (eka/mie)

MOST READ

BERITA TERBARU