alexametrics
31C
Probolinggo
Saturday, 23 January 2021

Bakar Sampah Menjalar ke Kandang-Rumah di Kejayan, 1 Sapi Terpanggang

KEJAYAN, Radar Bromo–Ini peringatan bagi kita agar tak membakar sampah sembarangan saat musim angin seperti sekarang ini. Lengah sedikit, bisa berujung petaka seperti yang terjadi di Desa Wrati, Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan.

Sebuah kandang sapi dan rumah warga ludes dilalap si jago merah. Tak ada korban jiwa dalam insiden yang terjadi Jumat (4/9) sore itu. Hanya saja, seekor sapi yang ada di dalam kandang itu hangus terpanggang.

Api bermula dari belakang rumah korban yang diketahui bernama Bejo Sugeng Prayitno, 43. Bangunan kandang sapi yang terbuat dari kayu dan anyaman bambu membuat kobaran api begitu cepat menjalar. Dalam waktu yang singkat, api sudah menguasai seluruh sudut bangunan kandang.

Tak ayal, kebakaran yang melanda kandang itu membuat dua ekor sapi yang berada didalamnya gusar. Denny, seorang warga yang pertama kali mengetahui kebakaran langsung mengerahkan warga lain.

Tanpa dikomando, sejumlah warga yang sudah berkumpul langsung bertindak cepat. Mereka bahu-membahu berupaya memadamkan api dengan alat seadanya.

Sementara warga yang lain sudah menghubungi pihak pemadam kebakaran untuk turut mempercepat pemadaman. Namun, kobaran api sudah begitu besar. Bahkan, tidak hanya meludeskan bangunan kandang saja.

Melainkan juga menjalar ke bangunan rumah pemiliknya yang berhimpitan dengan kandang. Sementara seekor sapi yang masih terjebak di dalam kandang sudah dalam kondisi hangus terpanggang.

“Kami terima info pukul 14.00, seketika langsung dikerahkan regu pemadam ke lokasi. Satu unit mobil pemadam yang turun,” ungkap Kepala PMK Kabupaten Pasuruan Ruspandi.

Setibanya di lokasi, pemadam langsung berusaha menjinakkan si jago merah yang terus mengganas. Upaya pemadaman itu juga tetap dibantu oleh warga sekitar.

Hingga satu jam berselang, api baru bisa ditaklukkan. Meski sudah tak ada lagi kobaran, petugas tetap membasahi area bekas terbakar. “Tujuannya agar tidak ada sisa bara yang bisa berpotensi menimbulkan kobaran lagi,” kata Ruspandi.

Kanit Reskrim Polsek Kejayan Aipda Agung Darmawan mengatakan insiden kebakaran itu diduga kuat berasal dari pembakaran sampah di belakang rumah korban. Karena jaraknya dekat dengan kandang, api berkobar dan menjalar ke bangunan kandang. Hingga kemudian juga merambah ke bangunan rumah.

“Menurut saksi-saksi memang ada pembakaran sampah sebelumnya, ini yang kami duga sebagai pemicu kebakaran terjadi,” terang Agung.

Pihaknya memastikan tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Sebab Bejo dan keluarganya tidak ada di rumah ketika kebakaran terjadi. “Hanya saja seekor sapi yang ada di kandang itu mati terpanggang. Tafsir kerugian material akibat kejadian ini diperkirakan mencapai Rp 50 juta,” jelasnya. (tom/mie)

 

 

MOST READ

BERITA TERBARU