Puskesmas Kraton Bentuk Desa Siaga Tanggap Covid-19

KRATON, Radar Bromo – Menghadapi tatanan kehidupan baru, sejumlah desa di Kabupaten Pasuruan membentuk Desa Tanggap Covid-19. Tak terkecuali di wilayah kesehatan Puskesmas Kraton, yang meng-cover 12 desa.

Dengan adanya Desa Tanggap Covid-19 diharapkan, penduduknya memiiki sumber daya dan kemampuan serta kemauan untuk mencegah dan mengatasi masalah kesehatan, bencana, kegawatdaruratan, hingga kesehatan secara mandiri. Selain itu bisa mengajak masyarakat agar mematuhi protokoler kesehatan.

“Masalah kesehatan saat ini yang perlu menjadi perhatian khusus adalah Covid-19. Kasus Covid-19 di Kabupaten Pasuruan pertanggal 24 Juli 2020 sebanyak 516 orang dan di wilayah Puskesmas Kraton yang telah terkonfirmasi sebanyak 4 orang,” beber Maghfur, Kepala UPT Puskesmas Kraton.

TERSEDIA: Tempat cuci tangan yang disediakan di Desa Siaga Tanggap Covid-19 di wilayah Puskesmas Kraton. (Foto: Puskesmas Kraton for Jawa Pos Radar Bromo)

Salah satu desa siaga yang juga ditunjuk oleh pihak kepolisian untuk menjadi Desa Tangguh Covid-19 yaitu Desa Bendungan tepatnya di Dusun Wismokerto RW. 09. Terbentuknya Desa Siaga Tanggap Covid-19 membutuhkan banyak dukungan dari berbagai pihak yaitu, pihak Kecamatan, Desa, Polsek, Danramil, Puskesmas, serta masyarakat.

Adapun beberpa fasilitas yang ada di desa siaga meliputi: pengukuran suhu badan dan penyemprotan disinfektan bagi warga yang hendak masuk ke desa, fasilitas cuci tangan, ruang Isolasi, dapur umum, hingga markas yang dijadikan kantor.

Untuk mendukung suksesnya tatanan kehidupan baru, pemerintah telah memberikan bantuan berupa sembako bagi masyarakat kurang mampu, serta pembagian masker gratis bagai masyarakat. “Harapan Pemkab Pasuruan sampai dengan desa, semoga masyarakat mampu menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan. Sehingga seluruh masyarakat dapat terhindar dari virus apapun termasuk Covid-19. (one/fun)