BPBD Kab Pasuruan Ajukan Tambahan Truk Tangki-Double Cabin

BANGIL, Radar Bromo–Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan berencana untuk menambah armadanya tahun depan. Bukan hanya menambah truk tangki air, tetapi juga mobil double cabin yang ingin dibeli.

Hal ini bukan tanpa alasan. Pengadaan dua unit kendaraan itu dimaksudkan untuk menunjang operasional dalam penanganan kebencanaan.

Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan Tectona Jati menguraikan, jumlah truk tangki yang dimiliki BPBD Kabupaten Pasuruan terbatas. Saat ini baru dua unit yang dimiliki. Padahal, jangkauan wilayah Kabupaten Pasuruan terbilang luas.

Pengadaan truk tangki itu sebenarnya sudah dilakukan pada 2019 lalu. Namun, batal terlaksana karena belum ada yang sesuai. “Kami akan mencoba untuk mengusulkannya kembali pada APBD 2021. Itu kalau memang memungkinkan,” jelasnya.

Bukan hanya truk tangki air yang bakal diajukan. Kendaraan double cabin juga akan diusulkan. Langkah ini untuk menunjang operasional ketika ada bencana terjadi.

Sejauh ini, mobil double cabin memang sudah dimiliki. Namun, jumlahnya terbatas karena baru ada dua unit. “Kami ingin tambah satu unit lagi untuk menunjang operasional. Kendaraan patroli tersebut diperlukan. Khususnya, ketika ada bencana bersamaan di wilayah berbeda,” sambung dia.

Hanya saja, pihaknya belum merincikan anggaran yang dibutuhkan. Namun, bisa jadi pengadaan kendaraan tersebut menghabiskan hampir Rp 1 miliar. (one/mie)