Pasar Gondangwetan Ditarget Digarap Mulai Akhir Bulan

GONDANGWETAN, Radar Bromo – Revitalisasi Pasar Gondangwetan, Kabupaten Paruruan, dipastikan tetap akan digarap tahun ini. Meski banyak anggaran yang di-refocusing untuk penanganan Covid-19, pasar ini tetap akan diperbaiki dan akan digarap dalam bulan ini.

Kepala Bidang Pengelolaan Pasar Disperindag Kabupaten Pasuruan Gatot Sutanto mengatakan, meski masih dalam masa pandemi Covid-19, revitalisasi pasar daerah harus berjalan sesuai jadwal. Karena masuk anggaran 2020, semua pengerjaannya juga harus rampung tahun ini.

“Tidak ada perpanjangan jadwal pengerjaan kendati wabah korona. Karena termasuk anggaran tahun 2020, sehingga pengerjaan juga harus selesai akhir tahun nanti,” jelasnya.

Untuk Pasar Gondangwetan, kata Gatot, anggaran dari APBN dari tugas pembantuan (tp) tetap turun. Dalam proyek ini, Pasar Gondangwetan dianggarkan Rp 4 miliar sesuai tipenya, yakni tipe D.

Setelah tahap review kelengkapan dokumen. Gatot mengatakan, pada awal Juli ini setelah Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA) turun dan lelang berjalan. Maka, akan dilanjutkan dengan pengerjaan fisik. Disperindag menargetkan, pengerjaannya bisa dimulai pada akhir bulan ini. “Targetnya, akhir Juli sudah bisa mulai pengerjaan fisik, sehingga pertengahan November bisa selesai dan mulai ditempati pedagang,” terangnya.

Rencananya, pasar ini akan direvitalisasi dan akan dibangun sebanyak 45 kios dan 59 bedak. Pasar ini akan diperbaiki agar para pedagang dan pembeli bisa lebih leluasa bertransaksi. Sebab, selama ini ketika musim hujan sering becek atau genangan air. (eka/rud)