Belum Semua Instansi Punya Alat Pemadam, Termasuk Kantor Kelurahan di Kota Pasuruan

PURWOREJO, Radar Bromo – Bencana kebakaran rawan terjadi di Kota Pasuruan. Karena itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pasuruan meminta agar setiap instansi dan perusahaan di Kota Pasuruan menyediakan alat pemadam api ringan (APAR).

Ketua Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Pasuruan, Samsul Hadi mengungkapkan belum semua intansi di lingkungan Pemkot Pasuruan sudah menyediakan APAR. Sejumlah instansi seperti kelurahan masih banyak yang belum memiliki APAR.

“Kalau perusahaan di Kota Pasuruan sebagian besar sudah menyediakan APAR. Puskesmas dan RSUD juga sudah punya. Tapi kalau instansi pemerintahan seperti kelurahan, ada yang belum punya,” ungkapnya.

Samsul menjelaskan pihaknya berharap agar setiap instansi punya APAR di tempatnya. Tujuannya saat terjadi kebakaran, mereka bisa melakukan penanganan ringan. Sehingga api tidak semakin cepat menyebar.

Ini karena bencana kebakaran di Kota Pasuruan cukup rawan terjadi. Sepanjang 2019, pihak BPBD mencatat ada 27 kali bencana kebakaran di Kota Pasuruan. Sementara tahun ini tercatat terjadi dua kali.

“Kebakaran merupakan bencana yang cukup rawan. Tidak hanya saat musim kemarau, tapi juga musim hujan. Kami rutin memberikan sosialisasi antisipasi bencana ini,” pungkasnya. (riz/fun)